Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salafi Berpecah Belah

 





Pertanyaan:

بــسم اللّٰـه 
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz afwan kalo boleh tau sejarahnya bagaimana awalnya sehingga bisa terpecah menjadi beberapa golongan Manhaj Salaf ini. Mohon pencerahannya karena ini menjadi pertanyaan ana dalam hati saja selama ini.

Dari Ummu Dafin Keira (Group MS-A)

Jawab:

بــسم اللّٰـه 
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته 

Alhamdulillah, sudah beberapa kali saya jelaskan bahwa Salafi tidak pernah berpecah atau berkelompok. Salafi adalah Islam itu sendiri. Tidak ada kaitannya Salafi dengan radio, TV, organisasi, atau yayasan.

Sebagian Salafi sendiri mengkerdilkan makna Salafi sekedar TV, radio, yayasan, semua ini kebodohan terhadap Manhaj Salaf, karena TV, radio dan yayasan sifatnya duniawi dan bisnis. Bila semua sarana itu untuk dakwah, maka ini bagus.

Tidak boleh seorang Salafi mengkaitkan perselisihan dan perseteruan individu atau persaingan bisnis dan apapun itu dengan manhaj yang mulia ini. Manusia, yayasan, radio, TV di ukur dengan manhaj salaf, bukan manhaj salaf di ukur dengan individu, TV, radio dan yayasan.

Seorang penuntut ilmu wajib ia belajar Manhaj Salaf dengan benar, sehingga ia faham dan tidak ta'asub (fanatik). Yakni, fanatik pada ustadz tertentu, yayasan tertentu dan TV atau chanel tertentu. Dan sedapat mungkin menghindari majelis-majelis ghibah terutama bila itu akan memecah barisan Salafi. Seorang Salafi bukan penyulut fitnah, atau mencari kesalahan orang lain. Fitnah ini berawal dari munculnya lasyar jihad, kemudian di iringi dengan konflik individu.

Alhamdulillah, kita terselamatkan dari hawa nafsu saat itu, maka silahkan kita hari ini, menjaga lisan dan tangan untuk tidak masuk pada konflik yang kita tidak berhak mengurusi dan ikut. Maka, teruslah belajar dan belajar.

والله تعالى أعلمُ بالـصـواب

Dijawab Oleh Ustadz Abu Abdurrahman bin Muhammad Suud al Atsary حفظه الله تعالى

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Salafi Berpecah Belah"