Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jika Bertamu Jangan Terlalu Lama

 



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Adab bertamu yang telah banyak di lupakan kita, yaitu jika bertamu jangan terlalu lama dan bacalah kondisi tuan rumahnya. Kadang diantara kita ada yang saat bertamu begitu lama berjam-jam tanpa memperhitungkan bagaimana kondisi ahlul baitnya. Semestinya kita juga mempertimbangkan, bisa jadi shahibul bait sebenarnya ada keperluan dengan istrinya atau istri shahibul bait itu ada hal yang sebenarnya ingin dibicarakan dengan suaminya, dan hal-hal lainnya. Jelas shahibul bait akan merasa sungkan mengusir kita.

Terkadang kita sebagai tamu bahkan ada yang sengaja menunggu jam makan dulu. Andaipun iya, kita diminta atau dipersilakan untuk makan dulu misalnya, maka hendaklah kita setelah makan jangan terlampau lama duduk di situ, sekiranya kita sudah dari tadi berkunjung.

Mestinya kita sebagai tamu haruslah tahu diri dan dapat membaca situasi shahibul bait yang sedang kita kunjungi. Pernah dulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang menyelenggarakan walimah di salah satu rumah istrinya, lantas para Shahabat radhiallahu ‘anhum sangat berlama-lama di rumah salah sati istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tersebut. Padahal sebenarnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah gelisah karena beliau ada agenda tersendiri.

Bahkan saat itu sebenarnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sempat pura-pura keluar dulu, yang sebenarnya ini isyarat bahwa beliau berharap para tamunya mengerti dan mereka akan permisi pulang. Tetapi rupanya apa yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ini tetap tidak terbaca oleh para Shahabatnya. Hingga saat beliau kembali ke rumahnya setelah pura-pura keluar, masih saja Shahabatnya ada di situ. Maka saat itulah Allah menurunkan ayat di bawah:

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ اِلَّاۤ اَنْ يُّؤْذَنَ لَـكُمْ اِلٰى طَعَا مٍ غَيْرَ نٰظِرِيْنَ اِنٰٮهُ وَلٰـكِنْ اِذَا دُعِيْتُمْ فَا دْخُلُوْا فَاِ ذَا طَعِمْتُمْ فَا نْتَشِرُوْا وَلَا مُسْتَأْنِسِيْنَ لِحَـدِيْثٍ ۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَا نَ يُؤْذِى النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيٖ مِنْكُمْ ۖ وَا للّٰهُ لَا يَسْتَحْيٖ مِنَ الْحَـقِّ

"Hai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali jika kamu diizinkan untuk makan tanpa menunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu dipanggil maka masuklah dan apabila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mengganggu Nabi lalu Nabi malu kepadamu (untuk menyuruhmu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar". (QS. Al-Ahzab: 53)

Hendaklah kisah dan ayat di atas dijadikan ibrah (pelajaran penting) bagi kita saat kita bertamu.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Jika Bertamu Jangan Terlalu Lama"