Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Emak-Emak Bukan Cuma Pintar Masak

 



Abu Sa'id Al-Khudri radhiallahu ‘anhu mengatakan:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قال: قَالَتْ النِّسَاءُ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَلَبَنَا عَلَيْكَ الرِّجَالُ فَاجْعَلْ لَنَا يَوْمًا مِنْ نَفْسِكَ فَوَعَدَهُنَّ يَوْمًا لَقِيَهُنَّ فِيهِ فَوَعَظَهُنَّ وَأَمَرَهُنَّ فَكَانَ فِيمَا قَالَ لَهُنَّ مَا مِنْكُنَّ امْرَأَةٌ تُقَدِّمُ ثَلَاثَةً مِنْ وَلَدِهَا إِلَّا كَانَ لَهَا حِجَابًا مِنْ النَّارِ فَقَالَتْ امْرَأَةٌ وَاثْنَتَيْنِ فَقَالَ وَاثْنَتَيْنِ

"Kaum wanita berkata kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam: "Kaum lelaki telah mengalahkan kami untuk bertemu dengan engkau, maka berilah kami satu hari untuk bermajelis dengan engkau". Maka, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berjanji kepada mereka satu untuk bertemu mereka, lalu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memberi pelajaran dan memerintahkan kepada mereka, diantara yang disampaikannya adalah, "Tidak seorangpun dari kalian yang didahului oleh tiga orang dari anaknya kecuali akan menjadi tabir bagi dirinya dari Neraka". Seseorang berkata: "Bagaimana kalau dua orang?" Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab: "Juga dua". [HR. Bukhari no.99]

Majelis Ilmu Khusus Wanita

Ikhwatal Iman Ahabbakumullah, saudara saudariku sekalian yang mencintai Sunnah dan dicintai oleh Allah. Aktifitas masak dalam rumah tangga biasanya identik dengan wanita, tidak sedikit diantara kita yang menganggap tabu jika ada ibu rumah tangga tidak bisa memasak. Urusan dapur memang penting, tapi jangan lupa ada urusan lain yang tidak kalah penting yaitu ilmu agama. Kita semua memang butuh makan, tapi yakinilah bahwa kebutuhan terhadap ilmu agama jauh lebih penting daripada sekedar makan. Kenapa? Karena kebutuhan makan hanya untuk kehidupan di dunia, sementara kebutuhan ilmu agama digunakan untuk menjalani kehidupan di dunia dan keselamatan di akhirat.

Diantara bukti kesungguhan para Shahabiyah dalam menuntut ilmu adalah meminta waktu khusus kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengajari mereka, menyediakan waktu khusus untuk belajar kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena mereka menyadari bahwa kebutuhan terhadap ilmu jauh lebih penting daripada kebutuhan terhadap makanan. Maka, ingatlah wahai emak-emak. Jangan lupa menuntut ilmu, jadilah emak-emak yang bukan cuma pintar masak.

Semoga Allah beri Taufik pada kita semua. Wallahu A’lam.

Oleh Ustadz Rosyid Abu Rosyidah hafidzhahullah

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Emak-Emak Bukan Cuma Pintar Masak"