Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjelaskan Penyimpangan Ahlul Bid'ah Bukan Ghibah

 


Syaikh Shalih Al Utsaimin -rahimahullah- berkata:

الكلام في أهل البدع ومن عندهم أفكار غير سليمة أو منهج غير مستقيم، هذا من النصيحة وليس من الغيبة، بل هو من النصيحة لله ولكتابه ولرسوله وللمسلمين، فإذا رأينا شخصاً عنده أفكار تخالف ما كان عليه السلف، فعلينا ان نبين ذلك حتى يسلم الناس من شره وهذا من باب النصيحة لله ولكتابه ولرسوله ولأئمة المسلمين وعامتهم، وسواء كان الكلام في أهل البدع فيما بين الطلبة أو في المجالس فليس بغيبة، وما دمنا نخشى من انتشار هذه البدعة أو هذا الفكر أو هذا المنهج المخالف لمنهج السلف يجب علينا أن نبين حتى لا يغتر الناس بذلك

"Membicarakan ahlul bid'ah dan orang-orang yang memiliki pemikiran yang tidak benar atau manhaj yang tidak lurus. Hal itu merupakan bentuk nasihat dan bukan perkara ghibah. Bahkan ini termasuk dari nasihat untuk Allah, untuk Kitab-Nya, Rasul-nya dan untuk kaum muslimin.

Maka, jika kita melihat seseorang memiliki pemikiran yang menyimpang dari pemahaman Salafus Shalih, wajib bagi kita untuk menjelaskan penyimpangan tersebut hingga masyarakat selamat dari kejelekannya.

Demikian itu merupakan bagian dari nasihat untuk Allah, untuk Kitab-Nya, Rasul-nya dan untuk pemimpin kaum muslimin dan masyarakatnya. Sama saja apakah pembicaraan tentang ahlul bid'ah itu di kalangan pelajar atau dalam majelis ilmu, maka hal itu bukan perkara ghibah.

Selama kita mengkhawatirkan  tersebarnya kebid'ahan atau pemikiran ini atau manhaj yang menyelisihi manhaj Salafus Shalih ini, maka wajib bagi kita untuk menjelaskannya sehingga manusia tidak tertipu dengan perkara tersebut". (Liqo'ul Babil Maftuh no.120)

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Menjelaskan Penyimpangan Ahlul Bid'ah Bukan Ghibah"