Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tipe Orang Yang Sulit Di Nasihati

 


Ada 5 kriteria manusia yang terbukti sangat sulit dinasihati untuk meninggalkan perbuatan maksiat kepada Allah, yakni:

1. Pelaku bid'ah.

Mereka menganggap bid'ah itu ada yang hasanah. Menganggap suatu amalan itu hanya yang penting baik tanpa peduli ada tuntunannya atau tidak. Tanpa peduli, amalan itu diterima atau tidak. Mereka menganggap apa yang mereka amalkan adalah suatu kebaikan. Orang yang sudah merasa baik, akan sulit untuk diperbaiki.

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata,

كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ ، وَإِنْ رَآهَا النَّاسُ حَسَنَةً

“Setiap bid’ah adalah sesat, walaupun manusia menganggapnya baik.” (Lihat Al Ibanah Al Kubro li Ibni Baththoh, 1/219, Asy Syamilah)

2. Pecinta musik.

Walaupun sudah jelas dalil tentang haramnya musik, namun mereka tetap menganggap bahwa musik itu diperbolehkan karena ada yang islami dan yang penting lirik lagunya baik. Padahal Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ليكونن من أمتي أقوام يستحلون الحر والحرير والخمر والمعازف

"Sungguh akan ada sebagian dari umatku yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras, dan alat-alat musik". (HR. Bukhari no.5590)

3. Perokok.

Mereka akan bersikukuh menanyakan dalil pengharaman rokok. Bagi mereka, dalam Al-Qur'an tak pernah ada penyebutan rokok itu haram secara gamblang. Mereka menganggap rokok itu "hanya" makruh. Jikapun kita sepakati rokok itu makruh, pertanyannya adalah, bukankah kita sama-sama tahu bahwa sesuatu yang makruh adalah sesuatu yang dibenci Allah? Masih mau ngelakuin hal yang Allah benci?

4. Pemakan riba.

Mereka berpikir "zaman sekarang kalau ngga riba ngga bisa punya apa-apa". Rumah KPR, kendaraan leasing, belanja pakai Credit Card. Dan masih banyak lagi gaya hidup yg harus ditunjang dengan riba. Seakan hidup kaya raya padahal tagihan hutang puluhan bahkan ratusan juta. Siang malam memikirkan tagihan yang terus berbunga. Mereka anggap sepele dosa riba. Padahal dosa riba yang paling ringan saja seumpama berzina dengan ibunya sendiri.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الرِبَا ثَلاَثَةٌ وَسَبْعُوْنَ بَابًا أيْسَرُهَا مِثْلُ أَنْ يَنْكِحَ الرُّجُلُ أُمَّهُ وَإِنْ أَرْبَى الرِّبَا عِرْضُ الرَّجُلِ الْمُسْلِمِ

“Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Sedangkan riba yang paling besar adalah apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

5. Orang yang taklid buta dan ghuluw pada seseorang.

Yang jadi musibah adalah ketika anda itu adalah seorang pelaku bid'ah, pecinta musik, perokok, pemakan riba, sekaligus orang yang taklid buta dan ghuluw, maka anda akan semakin sulit dinasihati untuk meninggalkan kelima keburukan tersebut. Mari perbanyak istighfar. Semoga Allah berikan kita hidayah dan keistiqomahan setelahnya. Aamiin.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "5 Tipe Orang Yang Sulit Di Nasihati"