Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bid'ah, Perayaan Maulid Nabi

 



Berikut beberapa kutipan perkataan Ulama tentang bid'ahnya perayaan Maulid Nabi:

Imam Asy-Syaukani rahimahullah menyatakan:

م أجد إلى الآن دليلا على ثبوته من كتاب ولا سنة ولا إجماع ولا قياس ولا استدلال. بل أجمع المسلمون أنه لم يوجد في عصر خير القرون ولا الذين يلونهم ولا الذين يلونهم

"Hingga saat ini saya tidak mendapatkan satu dalil pun yang menunjukkan adanya hal tersebut (perayaan maulid nabi). Baik dalil dari Al-Qur'an, Sunnah, Ijma' (kesepakatan ulama), Qiyas (analogi) maupun kesimpulan suatu hukum. Bahkan kaum muslimin telah bersepakat bahwa perayaan tersebut tidak ada pada masa generasi terbaik (shahabat), generasi setelahnya (tabi'in) dan generasi setelahnya (tabiut tabi'in)." (Al-Fath ar-Rabbani 2/1087)

Imam Asy-Syatibi rahimahullah berkata:

فمعلوم أن إقامة المولد على الوصف المعهود بين الناس بدعة محدثة وكل بدعة ضلالة⁣⁣
⁣⁣
"Semua paham bahwa mengadakan maulid seperti yang ada di masyarakat di masa ini adalah bid’ah, sesuatu yang baru dalam agama. Dan semua bid’ah adalah sesat". (Fatawa as-Syatibi hlm.203)

Lajnah Daimah lil Ifta wal Buhuts ilmiyyah:

الاحتفال بمناسبة المولد النبوي بــدعة محــرمة ،لأن ذلك لا دليل عليه من كتاب الله ولا سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم ، ولم يعمله أحد من خلفائه الراشدين والقرون المفضلة

"Perayaan maulid Nabi adalah kebid'ahan yang diharamkan. Dikarenakan yang demikian tidak ada dalil padanya, baik dari Al Qur'an tidak pula dari Sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, tidak pula diamalkan oleh salah seorangpun dari Khulafaur Rasyidin dan generasi terbaik umat ini". (Fatawa Lajnah Daimah 2/244)

Syaikh Shalih Al-Utsaimin rahimahullah menegaskan:
  
لم يحتفل النبي صلى الله عليه وسلم بذكرى ميلاده، ولم يحتفل بذلك أبو بكر، ولا عمر ولا عثمان ولا علي ولا غيرهم من الصحابة الكرام رضي الله عنهم، ولم يحتفل بذلك التابعون لهم بإحسانٍ إلى يوم الدين، ولا تابعو التابعين، ولا أئمة المسلمين

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah merayakan hari kelahirannya. Tidak pula dirayakan oleh Abu Bakr, Umar, Ustman, Ali serta para sahabat mulia yang lain semoga Allah meridhoi mereka semua. Tidak pula dirayakan oleh para Tabi'in (orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik) sampai hari kiamat. Demikian juga oleh pengikutnya para tabi'in serta ulama kaum muslimin". (Silsilah Fatawa Nur ala Darb. Kaset nomor 280)

Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah mengatakan:

وإذا عرضنا الاحتفَـال بالمولد، النبوي فلَم نجِد له أصلاً في سنة رسُـول الله، ولا فِي سنّة خلفَائه الرّاشدين، إذاً فهُو مِن محْدثَات الأمُور وَمِـن البــدَع المضلّلة

"Apabila kita mau meneliti perayaan kelahiran nabi (maulid nabi), maka kita tidak akan mendapatkan sumbernya dari Sunnah Rasulullah dan tidak pula pada Khulafaur Rasyidin. Dengan demikian perkara tersebut merupakan perkara yang baru dalam agama dan termasuk bid'ah yang menyesatkan". (Huququn Nabi bainal Ijlal wal Ikhlal 139)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Bid'ah, Perayaan Maulid Nabi"