Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Derajat Hadits Puasa Rajab Yang Tersebar Di Internet

 



Ada hadits yang tersebar di internet tentang keutamaan puasa Rajab, namun semua haditsnya tidaklah shahih, berikut haditsnya,

من صام من شهر حرام الخميس والجمعة والسبت كتب له عبادة سبعمائة سنة

“Barangsiapa puasa di bulan haram, yaitu hari kamis, jum’at dan sabtu, maka akan ditulis baginya ibadah 700 tahun.”

Imam Adz Dzahabi berkata: “Hadits batil” (Mizanul I’tidal, 2/215)

من صام ثلاثة أيام من شهر حرام، الخميس والجمعة والسبت كتب له عبادة سنتين

“Barangsiapa puasa 3 hari di bulan haram (Dzul-Qo’dah, Dzul-Hijjah, Muharram, dan Rajab), yaitu puasa hari kamis, jum’at, dan sabtu, maka dituliskan baginya ibadah 2 tahun.”

Ibnul Jauzi berkata: “Tidak shahih” (Al-Ilal Al Mutanahiah, 2/554)
Syaikh Al Albani berkata: “Dha’if” (Silsilah Adh-Dha’ifah, 4611)

Sebanarnya banyak hadits lemah dan palsu tentang puasa Rajab, hanya saja dua hadits diatas yang banyak tersebar di internet. Oleh karenanya tidak boleh seorang Muslim mengkhususkan ibadah di bulan Rajab.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Dan semua hadis yang membicarakan puasa Rajab dan salat pada sebagian malamnya adalah dusta yang diada-adakan". (Al-Manaarul Muniif hal.96)

Imam Asy-Syaukani menukil perkataan ‘Ali bin Ibra-him al-‘Aththaar, ia berkata dalam risalahnya: “Sesungguhnya riwayat tentang keutamaan puasa Rajab, semuanya adalah palsu dan lemah, tidak ada asalnya (dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam).” (Lihat al-Fawaa-idul Majmu’ah fil Ahaaditsil Maudhu’ah hal. 381)

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: "Adapun melakukan puasa khusus di bulan Rajab, maka itu semua hanya berlandaskan pada hadits yang seluruhnya adalah hadits lemah, bahkan palsu. Tidak pernah para Ulama berpegang dengan menjadikan hadits ini sebagai sandaran hukum. Dan bukanlah kelemahan yang terkait keutamaan amal, tetapi umumnya adalah hadits palsu". (Majmu Fatawa 25/290-291)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Derajat Hadits Puasa Rajab Yang Tersebar Di Internet"