Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Ahlussunnah Yang Sesungguhnya Dengan Ahlussunnah Palsu

 


Pertanyaan: Ustadz, bagaimana pengertian ahlussunnah wal jama'ah sebenarnya? Sebab banyak sekali orang maupun golongan yang mengaku dirinya ahlussunnah padahal amalan mereka jelas bertentangan dengan tauhid bahkan perbuatan mereka berbau syirik,syubhat dll. Barakallahu fiik

Jawaban:  Semua juga mengaku Ahlussunnah. Semua juga mengaku berpegang teguh dengan Al-Qur'an dan hadits. 

Baik Al-Qur'an dan As-Sunnah, hanya menurut pemahaman siapa? Ini yang menjadi titik pembeda, bukan dalam penggunaan Al-Qur'an dan As-Sunnah saja. 

Sekarang semua punya dalil dan yang jadi permasalahannya sekarang bukan ada dalilnya atau tidak. Ahli bid'ah juga mempunyai dalil, mereka sering memakai dalil dhaif bahkan maudhu (palsu), letak masalahnya ada pada bagaimana cara memahami dalil itu. Apakah memahami ayat tersebut, mempraktekkan ayat atau hadits tersebut sebagaimana praktek generasi terbaik, yaitu Salafush Shalih atau tidak? Itulah Salafy pada intinya.

Misalnya, ketika dalam satu kasus ada dua pendapat atau tiga pendapat, maka jangan kau buat pendapat keempat (jangan membuat pendapat lain). Dari al haq (kebenaran) ada pada mujmalnya mereka (para Sahabat) bukan di per-individunya. Cari yang lebih rojih (lebih kuat) diantara kedua pendapat, atau cari titik temunya satu sama lain supaya ketemu, yang penting tidak membuat pendapat baru yang tidak ada pada mereka, itulah salafy, itulah Ahlussunnah.

Jadi lihat, apakah mereka bershalawat seperti para sahabat bershalawat? Atau mereka membuat shalawat-shalawat baru? Lihatlah apakah itu ada pada sahabat atau tidak? Sama pula dengan tahlil. Apakah diperintahkan? Tentu diperintahkan! Hanya bagaimana mereka memahami tahlil ini (bukan tahlilan) ? Apakah sesuai seperti yang dicontohkan oleh para sahabat?

Apakah orang atau ustadz yang mengaku Ahlussunnah mengerjakan sunnah ? Dan lihat kepada siapa mereka berteman. Demikianlah perbedaan Ahlussunnah wal Jama'ah dan bukan, walaupun semua menggunakan dalil dari Al-Qur'an dan As-Sunnah, namun lihatlah dari pemahamannya. Wallahu waliyyut taufiq.

Oleh Ustadz Riyadh Bin Badr Bajrey حفظه الله
_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Ahlussunnah Yang Sesungguhnya Dengan Ahlussunnah Palsu"