Adakah Waktu Utama Kapan Ma'mum dan Imam Berdiri Saat Iqomat Mulai Dikumandangkan?






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Saat shalat berjama’ah di masjid dan imam sudah ada disitu kemudian iqamat mulai didengungkan, maka kapankah saat terbaik bagi para makmum maupun imam mulai berdiri?

Ada yang mengatakan saat terbaik makmum berdiri adalah saat orang yang iqamat sampai pada kalimat qadqamatis shalaah.

Dalilnya adalah atsar berikut:

عَنِ الْحَسَنِ، «أَنَّهُ كَرِهَ أَنْ يَقُومَ الْإِمَامُ حَتَّى يَقُولَ الْمُؤَذِّنُ قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ»

Dari al Hasan rahimahullah berkata: "bahwasanya beliau tidak menyukai berdirinya imam (saat iqamat didengungkan) hingga mu’adzin mengucapkan qadqaamatis shalaah." (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah 4122)

Ini adalah juga pendapatnya Anas bin Maalik radhiallahu ‘anhu, Ibnul Mubaarik, Zafir, Imam Ahmad, dan Ishaq rahimahumullah. Demikian kata Ibnu Rajab al Hanbali rahimahullah dalam Syarah beliau atas Shahih Bukhari V:418. Ini juga pendapat dari Ibnu ‘Umar radhiallahu ‘anhuma (al Istidkaar IV:56 dan lain-lain)

Ada yang berpendapat saat mu’adzin mulai melantunkan iqamat di awal iqamatnya (yakni tatkala membaca iqamat di redaksi awal Allahu akbar Allahu akbar).

‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz Ibnu Syihab rahimahullah mengatakan:

إن الناس كانوا ساعة يقول المؤذن الله أكبر يقومون إلى الصلاة

"Adalah para manusia (kaum salaf) saat mu’adzin (dalam iqamatnya) mendengungkan Allahu akbar, maka mulailah mereka berdiri menuju shalat". (at Tamhid, karya Ibnu ‘Abdil Barr rahimahullah IX:192)

Ini adalah pendapat dari ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz, Muhammad bin Ka’ab al Qurazhi, Abi Qilabah, dan lain-lain. (idem)

Adapula yang berpendapat saat mu’adzin mendengungkan lafadz iqamat pada redaksi hayya 'alash shalat, ada pula yang berpendapat saat didengungkannya hayya 'alal falaah, dan lain-lain. Namun sebenarnya tidak ada ketetapan yang shahih dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang menetapkan kapan waktunya baik bagi imam maupun makmum mulia berdiri saat mu'adzin mendengungkan iqamat.

Jadi seseorang boleh bangun diawal, ditengah, atau di akhir iqamat sesukanya, ini bebas.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Malik rahimahullah:

وَأَمَّا قِيَامُ النَّاسِ، حِينَ تُقَامُ الصَّلاَةُ، فَإِنِّي لَمْ أَسْمَعْ فِي ذلِكَ بِحَدٍّ يُقَامُ لَهُ. إِلاَّ أَنِّي أَرَى ذلِكَ عَلَى قَدْرِ طَاقَةِ النَّاسِ

“Adapun masalah kapan para jama’ah berdiri saat iqamat, maka saya (Imam Malik rahimahullah) belum pernah mendengar ada batasan khusus dalam masalah itu. Karenanya saya berpendirian hal itu bergantung pada kemampuan setiap orang." (al Muwaththa 226)

Syaikh bin Baaz rahimahullah juga pernah berfatwa:

ليس في القيام للصلاة وقت الإقامة وقت محدد في الشرع المطهر، بل يجوز للمأموم أن يقوم إلى الصلاة في أول الإقامة، أو في أثنائها، أو في آخرها،

“Dalam syari’at yang suci ini tak ada ketetapan waktu spesifik yang memberi batasan kapan waktu berdiri saat iqamat mulai didengungkan. Bahkan boleh bagi makmum berdiri untuk shalat ketika dipermulaan iqamat, pertengahan maupun di akhirnya".

الأمر واسع في ذلك، ولا أعلم دليلاً شرعياً يقتضي تخصيص وقت لقيام المأمومين عند سماع الإقامة، ومن قال من الفقهاء أنه يشرع القيام عند قول المؤذن “قد قامت الصلاة” لا أعلم له دليلاً في ذلك.

Dalam perkara ini ada keleluasaan. Dan aku tidak mengetahui ada sebarang dalil syar’i pun yang mengkhususkan waktu berdirinya makmum saat mendengar iqamat. Dan barangsiapa yang mengambil pendapat dari perkataan para fuqaha bahwasanya disyari’atkan berdiri itu ketika mu'adzin melantunkan qadqaamatis shalaah, maka aku tak mengetahui darimana sumber dalil tersebut." https://www.binbaz.org.sa/fatawa/2431

Kesimpulan
Baik bagi imam maupun makmum boleh memilih mulai berdiri saat iqamat didengungkan baik diawal iqamat, ditengah maupun di akhirnya.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Adakah Waktu Utama Kapan Ma'mum dan Imam Berdiri Saat Iqomat Mulai Dikumandangkan?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel