Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Hizbiyyah ?






Oleh Ustadz Berik Said hafizhahullah

Secara bahasa maka arti hizb adalah sekumpulan manusia. Jama’nya hizb adalah ahzaab. (Lisaanul ‘Aroob IV:103)

Adapun secara istilah maka salah satu pengertiannya hizbiyyah adalah kata Syaikh Rabi’ rahimahullah:

كل من خالف منهج النبي وسنته فهو من أحزاب الضلال

"Setiap yang menyelisihi manhaj Nabi dan Sunnahnya maka itulah yang disebut ahzaab yang sesat!!"
http://www.rabee.net/ar/questions.php?cat=31&id=662

Hizbiyyah Tidak Mesti Berbentuk Organisasi

Orang Musyrik terdahulu tidak terorganir, tetapi Allah tetap meyebut mereka ahzaab (jama’ dari Hizb). Hanya saja akan lebih parah keadaanya jika diorganisir.

Syaikh Rabi rahimahullah berkata:

فإذا نظم هذا الحزب زاد سوء، فالتعصب لفكر معين يخالف كتاب الله وسنة الرسول والموالاة والمعادات عليه هذا تحزب

"Tetapi bila ada yang mengorganisir, kelompok ini maka menjadi semakin bertambah jelek. Maka fanatisme kepada suatu pemikiran tertentu yang menyelisihi Kitabulloh dan Sunnah Rosul serta melakukan loyalitas dan kebencian di atas dasar kelompok maka ini adalah sikap hizbiyyah …"
http://www.rabee.net/ar/questions.php?cat=31&id=662

Keharaman hizbiyyah ini tidk perlu didiskusikan lagi karena sangat jelas. Yang sekarang harus kita perhatikan adalah,

Tahukah Kita Kapan Seseorang Dianggap Hizbiyyun (Pengikut Hizbiyyah)? 


Syaikh Zaid bin Hadi Al-Madkhali rahimahullah, beliau pernah ditanya:

متى يكون الرجل حزبياً ؟

Kapan seseorang dianggap hizbiyyun ?

Beliau menjawab dengan menyebut beberapa tanda-tandanya sebagai berikut:

انضمامه إلى جماعة معينة لها منهجها الخاص بها المخالف لمنهج السلف أهل الحديث والأثر، كجماعة الإخوان وفصائلها, وجماعة التبليغ والمتعاطفين معها، وانتصاره لحزبه أو جماعته بحق وباطل

1. Bergabung dengan kelompok tertentu yang kelompok tersebut memiliki manhaj yang khusus yang menyelisihi manhaj salaf dan ahlul hadits dan atsar. Seperti kelompok ikhwanul muslimin dan para pendukungnya, kelompok tabligh dan para pembelanya serta menolong golongan atau baik haq maupun bathil.

مجالسته ومشيه مع إحدى الجماعات السالفة الذكر وغيرها من أهل الانحراف في العقيدة والعمل, سواء كانوا جماعة أو كان فرداً تابعاً أو متبوعاً

2. Duduk (bermajelis) dan berjalan dengan salah satu kelompok yang telah disebutkan itu dan juga selain mereka dari kalangan yang suka menyimpang dalam aqidah maupun amal.

سواء كانوا جماعة أو كان فرداً تابعاً أو متبوعاً

Sama saja keadaannya baik mereka itu adalah kelompok atau perseorangan yang diikuti.

نقده لأهل السنة ونغير وجهه إذا سمع رد من يرد على الحزبيين المعاصرين أصحاب التنظيمات السرية والتكتلات الخفية

3. Suka mencela/membantah ahlus sunnah dan bahkan wajahnya berubah bila mendengar ada seorang yang membantah hizbiyyah kontemporer dan pengikut gerakan-gerakan rahasia dan sekte yang tidak jelas.

وقوعه في أعراض الدعاة إلى التمسك بما عليه أهل الأثر من طاعة الله، وطاعة رسوله صلى الله عليه وسلم، وطاعة ولاة أمور المسلمين السائرين على منهج السلف

4. Berupaya menjatuhkan kehormatan para da'i yang menyeru berpegang teguh pada atsar (Salaf) yang menyeru pada  ketaatan kepada Allah dan ketaatan kepada Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ketaatan kepada Ulil Amri kaum muslimin diatas manhaj salaf.

وقوعه في أعراض ولاة الأمر، ومحبة من يشهرون بهم في كتبهم وأشرطتهم ومجالسهم

5. Mencela kehormatan Ulil amri dan mereka amat suka terhadap orang yang memasyurkan mereka dalam berbagai karya tulis, kaset atau majelis-majelis mereka.

هجومه على العلماء الذين لم يثوروا على الحكام حال وقوعهم في الخطأ، فيصفهم بالمداهنة ونحوها من الرزايا التي لا يطلقها على العلماء الربانيين إلا مرضي مرضى القلوب وسفهاء الأحلام

6) Menyerang/mencela para Ulama yang para Ulama itu tidak mau mencari-cari kesalahan pemerintah, saat pemerintah jatuh pada suatu kesalahan. Bahkan mereka menggelar para Ulama sebagai: "Ulama penjilat pemerintah!". Dan tuduhan-tuduhan lainnya yang dimana tidak ada orang yang memutlakkan julukkan buruk tersebut pada Ulama rlRabbani melainkan ia adalah pemilik hati yang sakit dan orang yang akalnya dungu.

حبه للأناشيد والتمثيليات, ودفاعه الحار عنها وعن أهلها، وما أكثر وجودها في صفوف الإخوان المسلمين

7) Demen pada nasyid-nasyid, sandiwara dan bahkan memberikan pembelaan terhadap para penggemar dan aktor/artisnya. Sungguh betapa banyak hal ini djumpai pada barisan golongan Ikhwanul Muslimin.

فهي متعة قادتهم وجنودهم من الشباب المساكين المغرورين، والشابات الضعيفات المغرورات، أعادهم الله إلى رحاب الحق أجمعين. اهـ

Dan hal ini adalah hiburan bagi gembong-gembong mereka dan para pengikutnya dari kalangan anak-anak muda yang sesungguhnya sangat kasihan mereka ini tertipu dan anak-anak muda lemah lagi tertipu. Hal ini merupakan hiburan bagi pemimpin mereka dan para pengikutnya dari kalangan para pemuda yang benar-benar kasihan mereka tertipu, dan para pemudi yang lemah dan tertipu. Semoga Allah mengembalikan mereka seluruhnya kepada jalan kebenaran. https://www.sahab.net/forums/index.php

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579
Facebook: http://fb.me/http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.
Konfirmasi WA 085712246639

Posting Komentar untuk "Apa Itu Hizbiyyah ?"