Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jama'ah Tabligh





Pertanyaan:


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Nama: Supriyanto bin karwidi.
Dari Group Manhaj Salaf Ikhwan 2

Benarkah video youtube yang beredar, bahwa Syaikh Utsaimin membolehkan khuruj ala jama'ah tabligh. Juga berdakwah dengan sandiwara ? Mohon penjelasan ustadz. Jazakallahu khair.

Jawab:

وعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pertama, mengenai jama'ah tabligh, mereka sesat dan menyesatkan. Haram ikut khuruj bersama mereka, kecuali dalam rangka menasehati mereka.

Mereka khuruj di jalan Muhammad Ilyas bukan di jalan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Kesesatan dan jauhnya mereka dari ilmu telah jelas, mereka membenci ilmu, aqidahnya di bangun di atas aqidah sufi yang sesat, di markas mereka ada kubur yang diagungkan dan mengagungkan buku fadhailul amal melebihi Al-Quran dan sunnah.

Kedua, mengenai masalah fatwa Ulama, sebagaimana tulisan saya sebagai berikut:

1) Fatwa Ulama bukan dalil.
2) Ulama berfatwa sesuai pengetahuan yang sampai pada mereka, maka banyak Ulama yang di awal menfatwakan satu masalah mengubah fatwa itu di kemudian hari, Imam Syafi'i memiliki qaul qadim dan qaul jadid.

Fatwa Syaikh Utsaimin jelas tentang jama'ah tabligh, tidak boleh mengikuti mereka.

3) Ahli bid'ah sangat suka menebar syubhat, dan menyebar fatwa yang menguntungkan mereka, kadang berani memotong, menghapus paragraf dan rekaman, asal fatwa itu sesuai hawa nafsunya, dan tidak dilihat awal dan akhir ucapan atau tulisan seorang alim.

4) Bilapun seorang Ulama benar bahwa ia mengucapkan satu ucapan, maka kembalikan pada dalil, bila fatwa sesuai dalil terima, bila menyelisihi dalil tinggalkan, siapapun itu. Ini keadilan salafy.

Semoga jelas dari tulisan kami tentang sesatnya dakwah semacam jama'ah tabligh.

Dijawab Oleh Ustadz Abu Abdurrahman bin Muhammad Suud al Atsary حفظه الله تعالى

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

4 komentar untuk "Jama'ah Tabligh"

  1. Astaghfirullah...
    Semoga Allah jauhkan buruk sangka dlm hati kita

    BalasHapus
  2. Orang yang merasa lebih baik daripada orang lain sipat itu hanya dimiliki oleh iblis,,, jama'ah tabligh jama'ah yg tulus mengajak manusia taat kepada Allah SWT dan rasul-nya tanpa pamrih,, jutaan manusia banyak yg menjadi taat mendapatkn hidayah asbab usaha perjuangan jama'ah tabligh

    BalasHapus
  3. Mashhallah. Pandangan kita harus adil akhi. Banyak juga orang yang masuk islam karna Jamaah Tabligh. Banyak juga pelaku maksiat tobat di tangan mereka.

    BalasHapus
  4. Udah dijelaskan ini website spesialis mengucapkan bidah sesat semaunya sendri TDK berfikir secara objektif, bisa jadi karena mudah mengucapkan kesesatan kesuatu kelompok Allah murka,naudzubillah

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak