Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Membaca Aamiin Dalam Shalat






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Cara Membaca Aamiin (آمِينَ) Yang Benar


Yang paling rajih (kuat) adalah huruf alif (آ ) dibaca panjang dua harakat (dua ketuk) sebagai mad badal, sementara lafazh مِينَ (miin) (mim kasrah yang menghadapi ya mati/sukun) dibaca antara 2-6 harakat/ketuk karena ia termasuk mad 'aaridh lis sukun.

Makna kata Aamiin seperti itu adalah “Ya Allah kabulkanlah untuk kami". Demikian menurut Ibnu Jarir rahimahullah dalam Al Jaami' li Ahkaamil Qur'an I:128.

Beberapa Model Membaca Aamin Yang Keliru


Kesalahan Pertama
Memendekkan huruf A pada huruf alif, dan tetap memanjangkan mim kasrah pada kata miin. Jadi bunyinya Amiin (A nya pendek).

Sebagian Ulama ada yang menyatakan itu tak mengapa. Tapi sebagian Ulama lain memandang itu mengubah arti menjadi “Orang yang dapat dipercaya“. http://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar/أَمِيْنٌ/

Ana sarankan tidak membaca dengan cara seperti itu untuk keluar dari khilaf para Ulama.

Kesalahan Kedua
Memanjangkan huruf alif namun mentasyidkan huruf mim, sehingga berbunyi Aammiin (آمِّيْنَ).

Lafazh Aammiin yang ditasydidkan seperti di atas berubah arti menjadi "orang yang bertujuan menuju suatu tempat ". Sebagian Ulama -dari kalangan Madzhab Syafi’i- bahkan menganggap membaca Aamiin dengan cara seperti di atas dapat membatalkan shalat. (At Tibyaan hal.66).

Kesalahan Ketiga
Memanjangkan huruf alif namun memendekkan huruf mim kasrahnya sehingga berbunyi Aamin (آمِّيْنَ).  Ini merubah artinya menjadi “Berimanlah" atau "Berilah jaminan keamanan".

Kesalahan Keempat
Memendekkan huruf alif dan mim -sehingga membuang huruf ya mati yang berfungsi sebagai pemanjang-  sehingga berbunyi Amin (أَمِنٌ). Ini juga merubah arti menjadi "Aman/tentram/damai".

Empat cara di atas hendaklah dihindari.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Kesalahan Membaca Aamiin Dalam Shalat"