Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memelihara Anjing Tanpa Tujuan Yang Disyariatkan






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنِ اقْتَنَى كَلْبًا لَيْسَ بِكَلْبِ مَاشِيَةٍ أَوْ ضَارِيَةٍ ، نَقَصَ كُلَّ يَوْمٍ مِنْ عَمَلِهِ قِيرَاطَانِ.

"Barangsiapa memelihara anjing yang tujuannya bukan untuk maksud menjaga hewan ternak atau bukan maksud dilatih sebagai anjing pemburu, maka setiap hari pahala amalannya berkurang sebesar dua qirath". [HSR. Bukhari no.5163 dan Muslim no.1574]

Sementara itu disebut juga dengan redaksi:

مَنِ اتَّخَذَ كَلْباً إِلاَّ كَلْبَ مَاشِيَةٍ ، أوْ صَيْدٍ ، أوْ زَرْعٍ ، انْتُقِصَ مِنْ أجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ

"Siapa yang memelihara anjing, kecuali anjing untuk menjaga hewan ternak, berburu dan menjaga tanaman, maka akan dikurangi pahalanya setiap hari sebanyak satu qirath". [HSR. Muslim no.1575]

Hadits di atas tegas menjelaskan besarnya dosa memelihara anjing selain untuk tiga hal, yakni:

1) Sebagai penjaga hewan ternak.
2) Sebagai penjaga tanaman.
3) Sebagai pemburu.

Ancamannya setiap hari pahalanya akan dikurangi dua qirath, dan dalam hadits lainnya satu qirath.

Satu qirath itu dikatakan oleh At Thiby rahimahullah sebagaimana dikutip oleh Al Hafizh rahimahullah dalam Fathul Bari III:149 adalah satu gunung/bukit uhud.

Jika dua qirath bisa diperkirakan sendiri tentunya. Jadi bisa dibayangkan kalau orang yang memelihara anjing selain untuk tiga perkara di atas akan dikurangi pahalanya sebesar itu. Lebih parah lagi jika orang yang demikian amal ibadahnya amat kurang, maka bisa jadi minus pahala setiap hari.

Kalaupun memiliki anjing untuk salah satu atau lebih dari tiga kepentingan di atas, maka tetap anjing tersebut tidak boleh masuk rumah sama sekali. Bahkan ada persyaratan ketat lainnya sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Al Utsaimin rahimahullah berikut:

وعلى هذا فالمنـزل الذي يكون في وسط البلد لا حاجة أنْ يتخذ الكلب لحراسته ، فيكون اقتناء الكلب لهذا الغرض في مثل هذه الحال محرماً لا يجوز وينتقص من أجور أصحابه كل يوم قيراط أو قيراطان ، فعليهم أنْ يطردوا هذا الكلب وألا يقتنوه ، وأما لو كان هذا البيت في البر خالياً ليس حوله أحدٌ فإنَّه يجوز أنْ يقتني الكلب لحراسة البيت ومَن فيه ، وحراسةُ أهلِ البيت أبلغُ في الحفاظ مِن حراسة المواشي والحرث.

"Atas dasar itu maka rumah yang letaknya ada di tengah kota (yang dianggap telah cukup pengamanannya oleh aparat keamanan -pent), tidak ada alasan untuk memelihara anjing untuk keamanan, sehingga memelihara anjing dalam kondisi semacam itu diharamkan, tidak boleh, dan akan mengurangi pahala pemiliknya satu qirath atau dua qirath setiap harinya. Mereka harus mengusir anjing tersebut dan tidak boleh memeliharanya.

Adapun jika rumahnya masuk ke pelosok pedesaan, sepi, tak ada disekitar rumahnya orang lain (tetangga) seorangpun, maka barulalah saat itu dibolehkan memelihara anjing demi keamanan rumahnya dan orang yang ada di dalamnya (shahibul baitnya). Alasannya menjaga penghuni rumah tentu lebih utama dibanding menjaga hewan ternak atau tanaman." (Fatawa Ibnu Utsaimin rahimahullah IV:246)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Memelihara Anjing Tanpa Tujuan Yang Disyariatkan"