Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setetes Hidayah Yang Agung






Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud al Atsary hafidzahullah

Satu penggalan ayat yang membuat terkesima dan jiwa menangis gembira serta luapan kegembiraan yang hanya dirasakan kaum yang beriman, atas semua anugerah Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah menunjuki kita sebagai hamba-hamba Nya.

و لو شئنا لأتينا كل نفس هداها...

"Dan sekiranya Kami (Allah) kehendaki, tentulah Kami datangkan (berikan) pada setiap jiwa petunjuknya..." (QS. As-Sajdah: 13)

Berkata Syaikh Abdurrahman bin Nasir bin Abdillah as-Sady rahimahullah:

و كل هذا بقضاء الله و قدره ، حيث خلى بينهم و بين الكفر و المعاصي.

"Dan semua ini terjadi (dalam hal memberi petunjuk atau tidak) berdasarkan atas keputusan qadha dan qadar (taqdir) Nya".

Dimana Dia membiarkan (untuk sementara) mereka melakukan berbagai kekufuran dan berbagi kemaksiatan.

فلهذا قال: و لو شئنا لأتينا كل نفس هداها.

Maka dari itu, Dia berfirman: "Dan sekiranya Kami kehendaki, tentulah Kami datangkan (berikan) pada setiap jiwa petunjuknya..."

اي ، لهدينا الناس كلهم و جمعناهم على الهدى ، فمشيئتنا صالحة لذلك ، و لكن الحكمة تأبى أن يكونوا كلهم على الهدى.

Yakni, niscaya Kami memberi hidayah kepada manusia seluruhnya dan mengumpulkan mereka di atas petunjuk (hidayah), sebab Masyiah (Kehendak) Kami (sebenarnya) baik/layak untuk itu. Namun, dengan adanya hikmah (yang besar) tidak menghendaki untuk mereka semua mendapat petunjuk." (Lihat lengkapnya dalam tafsir karimir rahman fi tafsir kalami manan surah 32 As-sajdah 13. cetakan Darul ilmiyah hal 693.)

Wahai saudaraku, lihatlah nikmat yang besar ini, dimana sebagian besar manusia di dunia, tenggelam dalam kesyirikan dan mengibadati Selain Allah Ta'ala.

Bahkan merendahkan diri mereka untuk menyembah batu, kayu, salib, kera, tikus, atau apapun selain Allah, yang tidak mendatangkan manfaat dan menolak mudharat, tidak mendatangkan rejeki, tidak menghidupkan dan mematikan serta tidak pula membangkitkan.

Sedang anda termasuk hamba yang di pilih untuk mendapatkan hidayah-Nya. Maka patut bagi kita semua bersyukur dan memohon istiqamah di atas hidayah.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Setetes Hidayah Yang Agung"