Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Dari Orang Bodoh Yang Beriman






Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud al Atsary hafidzhahullah

Meneladani Imam Bahlul bin Rasyid rahimahullah dan sikap tegasnya pada orang kafir.

Syaikh Sulaiman Ar Ruhaily bercerita, dinukil dari kitab Tartibu Madarik dan dimuat dalam Mauqif Ahlu Sunnah wal Jamaah min Ahli Ahwa wal Bid'ah. Disebutkan tentang biografi seorang Ulama bernama Bahlul bin Rasyid Al Khairuwani rahimahullah.

Suatu saat beliau meminta salah satu muridnya membeli samin (minyak/ margarin) dengan harga satu dirham. Sesampainya di pasar mereka tidak mendapati penjual samin kecuali seorang Nasrani.

Penjual minyak berkata: "Siapa yang menyuruh kalian beli minyak?" Mereka menjawab: "Bahlul bin Rasyid". Penjual minyak berkata: "Sungguh aku cinta Bahlul, aku berharap dapat mendekatkan diri kepada Allah dengan perantara kebaikan Bahlul, lalu ia memberi minyak seharga dua dirham".

Sampailah muridnya di depan Bahlul. Lalu Bahlul bertanya pada muridnya: "Kenapa ini (yakni kenapa mendapat banyak)?" Mereka menjawab: "Penjual minyak (yang Nasrani) mencintaimu, lalu memberi tambahan (diskon)". Bahlul berkata: "Kembalikan minyak ini dan minta uangku kembali, aku khawatir, dengan hal ini (mendapat diskon dari orang kafir dan dicintai mereka) menjadikanku cinta (berwala') pada orang kafir. Karena Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:_

لا تجد قوماً يؤمنون بالله و اليوم الآخر يوادون من حاد الله و رسوله ...

"Tidak akan engkau dapati satu kaum yang mereka memiliki Iman kepada Allah dan hari akhir, memiliki rasa saling cinta dengan orang menentang Allah dan Rasul-Nya..." (QS. Al Mujadalah: 22).

Sedikit faidah dari kami (Abu Abd rahman bin Muhammad Suud): Lalu bagaimana dengan orang yang mengaku islam, bahkan tokoh sebuah organisasi islam, dan disebut Kyai, bergandengan mesra dengan orang kafir, meletakkan wala' (loyalitas) kepada mereka, seakan kafir itu saudara. Dan nyinyir dengan orang-orang beriman hari ini, melecehkan syariat, dan menghina orang-orang beriman?

Atau seorang muslimah atau muslim bermesraan dalam rumah tangga dengan orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya? Adakah sedikit Iman dan rasa takut mereka kepada Allah di hatinya?

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Belajar Dari Orang Bodoh Yang Beriman"