Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adakah Doa Khusus Saat Membayar Dan Menerima Zakat ?



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Sebentar lagi Insya Allah akan zakat fithri, maka adakah doa khusus saat kita membayarkan zakat baik itu zakat maal maupun zakat fithri, juga bagi yang menerima zakat atau pnitianya, adakah doa yang dianjurkan diucapkan kepada mereka yang membayarkan zakat ?

Lajnah Daimah (Komite Tetap untuk Fatwa dan Penelitian Islam Arab Saudi) pernah ditanya:

هل من قول معين يقال عند إخراج زكاة الفطر، وما هو ؟.

“Adakah bacaan khusus yang diucapkan saat membayar zakat fithri, apa bacaan tersebut ?".

Para Ulama tersebut menjawab:

الحمد لله، لا نعلم دعاء معيناً يقال عند إخراجها. وبالله التوفيق .

"Alhamdulillah, kami tidak mengetahui adanya doa khusus yang diucapkan oleh seseorang tatkala mengeluarkan zakat fithrinya. Wa billahit taufiq". https://islamqa.info/ar/27015

Adapun bagi yang menerima zakat atau panitia yang menerima titipan zakat, maka disunnahkan untuk mendoakan bagi si pemberi zakat tersebut berdasarkan ayat berikut:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka". (QS. At-Taubah: 103)

Adapun contoh doa bagi yang menerima zakat bagi selaku penerima atau panitia baik zakat fithri maupun lainnya adalah sebagaimana terdapat pada hadits, dari Abdullah bin Abi Aufa radhiallahu ‘anhu mengisahkan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَتَاهُ قَوْمٌ بِصَدَقَتِهِمْ قَالَ: اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِمْ. فَأَتَاهُ أَبِي أَبُو أَوْفَى بِصَدَقَتِهِ فَقَالَ: اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى آلِ أَبِي أَوْفَى

"Apabila seseorang mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dengan membawa sedekahnya, maka beliau mendoakan: "Allahumma shalli 'alaihim" (Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada mereka). Kemudian bapakku Abu Aufa mendatangi beliau (dengan membawa sedekah), maka beliau pun mendoakan: "Allahumma shalli 'ala aali Abii Aufa (Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada keluarga Abu Aufa)". [HSR. Bukhari 1466 dan Muslim 1078]

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Adakah Doa Khusus Saat Membayar Dan Menerima Zakat ?"