Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Surah Yusuf Dan Maryam Saat Hamil




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Benarkah ibu yang hamil jika ingin memiliki anak yang tampan dan cantik, maka hendaklah sering membaca surah Yusuf dan surah Maryam ?

Tidak diragukan, seluruh surah dan ayat Quran -tentu termasuk surah Yusuf dan Maryam- sangat utama dibaca oleh siapapaun dan kapanpun.

Membaca dan mendengarkan ayat Quran jelas dapat memberikan beberapa manfaat, yang salah satunya menimbulkan ketenangan hati atau batin. Terlebih wanita yang sedang hamil, yang biasanya sering dilandasi kecemasan, sangat dianjurkan untuk sering-sering membaca atau mendengarkan ayat Quran.

Hanya saja, memiliki keyakinan bahwa jika ingin memiliki anak yang ganteng atau cantik, maka hendaklah memperbanyak membaca surah Yusuf dan surah Maryam, maka ini termasuk membuat kedustaan atas nama Allah dan Rasul-Nya. Karena sepanjang yang ana ketahui tidak ada satupun hadits shahih yang menunjukkan hal itu.

Karena itu sampai detik ini kita belum pernah dapatkan Salafush Shalih yang berkata seperti ini. Andai ini benar, sudah tentu para Salaf telah mengamalkannya dan menyampaikannya juga pada kita.

Di samping, berdoa untuk fokus kegantengan dan kecantikan termasuk sesuatu yang kurang patut. Semestinya kita memfokuskan agar Allah menganugerahi pada kita anak yang shalih.

Makanya dalam Al-Quran sendiri saat membawakan contoh doa terkait anak, maka fokusnya pada anak yang shalih atau taqwa, bukan pada ganteng, cantik atau tidaknya.

Lihat ayat dibawah sebagai contoh:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

"Wahai Tuhan, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang shalih". (QS. Ash-Shaffat: 100)

Juga pada ayat berikut:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

"Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa". (QS. Ali Imran: 38)

Dan ayat berikut:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ

"Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami)". (QS. Al-Furqan: 74)

Pengertian penyenang hati pada ayat di atas adalah seperti apa yang dikatakan Imam Qurthubi rahimahullh yang dikutip Ibnu Katsir rahimahullah:

ليس شيء أقر لعين المؤمن من أن يرى زوجته وأولاده مطيعين لله عز وجل.

"Tidak ada sesuatu yang lebih menyejukkan mata seorang mukmin selain melihat istri dan keturunannya termasuk orang yang taat pada Allah Azza wa Jalla". Perkataan semacam ini juga dikatakan oleh Al-Hasan Al-Bashri rahimahllah". (Tafsir Al-Quran Al-Azhim X:333)

Silakan cermati, semua ayat di atas berisi doa yang fokusnya anak shalih, bukan anak ganteng atau cantik.

Tentu bukan tidak boleh kita meminta agar anak-anak kita juga terlahir rupawan, tetapi jangan jadikan ini sebagai fokus kita, seraya melupakan faktor keshalihan. Juga jangan dengan beri'tiqad bahwa surah Maryam atau Yusuf atau lainnya memiliki khasiat khusus bisa memberikan jalan anak yang ganteng dan cantik, apalagi lalu mengamalkan hal itu !

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

1 komentar untuk "Membaca Surah Yusuf Dan Maryam Saat Hamil"

Berkomentarlah dengan bijak