Nadzhor Dua Kali Pada Satu Akhawat




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Boleh nggak sih mengulang hingga dua kali nadzhor pada satu akhawat yang sama yang telah dipinang, jika pada nadzhor yang pertama si ikhwan merasa masih ada keraguan/kurang fokus pada akhawat yang dinadzhornya itu ?

Bisa jadi seorang ikhwan yang telah benar-benar serius dan siap menikah, saat nadzhor yang pertama, bisa karena grogi dan sebagainya, maka ia merasa belum mantap. Lalu ia berkeinginan melakukan nadzhor sekali lagi kepada akhawat tadi itu untuk memastikan bahwa memang ia cocok dengan fisik wanita yang dipinangnya itu. Bolehkah hal ini dilakukan ?

Inilah jawaban Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah:

نعم. إذا خطب المرأة ورآها أول مرة، ثم أراد أن يعيد النظر مرة أخرى فلا بأس إذا لم يكن قصده التمتع بالنظر إليها فلا بأس؛ لأن الإنسان قد يرى الشيء لأول مرة خلاف ما هو عليه. فيقول: أريد أن أكرر المرة لأجل أتأمل أكثر، فنقول: لا بأس بهذا؛ لأن المقصود من النظر إلى المخطوبة هو: أن يخطبها وهو على بصيرة منها حتى يكون ذلك أدعى إلى محبتها والالتئام بينهما.

"Ya, jika ia (ikhwan) telah meminang seorang wanita dan telah melihatnya sekali, lantas ingin mengulangi untuk melihatnya sekali lagi, maka hal ini boleh, jika tujuannya bukan untuk menikmati melihat wajah wanita tersebut. Hal ini tidak mengapa. Karena terkadang seseorang melihat adanya perbedaan dari saat ketika melihat pertama kali, sehingga ia berkata: "Aku ingin mengulangi sekali lagi agar bisa lebih fokus (melihat fisik wanita yang dipinangnya)".

Maka, kami katakan: "Hal ini boleh". Karena tujuan melihat wanita yang hendak dipinangnya adalah agar ia meminangnya dalam kondisi yakin sehingga dengan cara ini akan lebih dapat menimbulkan rasa cinta kepada wanita itu dan diharapkan dapat menyatukan antara keduanya". (Silsilah Liqa Bab Al-Maftuh no.122)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Nadzhor Dua Kali Pada Satu Akhawat"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel