Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembicaraan Rahasia Itu Dari Syaithan




Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al-Atsary hafidzhahullah

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

إنما النجوى من الشيطان ليحزن الذين آمنوا

"Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu dari syaitan agar dengannya bersedih hati orang-orang beriman". (QS. Al-Mujadilah:10)

Berkata Syaikh Abdurrahman bin Nashir bin Abdillah As-Sa'dy rahimahullah: "Najwaa (النجوى) adalah pembicaraan antara dua orang atau lebih (dalam satu jama'ah secara berbisik dan rahasia) baik dalam kebaikan atau keburukan. Allah memerintahkan orang-orang beriman membicarakan kebaikan, Al-Khair adalah seluruh kebaikan, menghasung ketaatan, menunaikan hak-hak Allah, sesama manusia, taqwa dan lainnya. Dan ayat ini (larangan berbicara rahasia dengan meninggalkan yang lain, padahal mereka berjama'ah) dengan menggunakan kata umum, yang dengannya dijauhi seluruh keharaman dan dosa". (Taisir Karimi Rahman Fi Tafsir Kalamim Manan QS. Mujadillah ayat 8-9)

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, sebagaimana riwayat Abdullah bin Mas'ud radhiallahu 'anhu, melarang berbisik-bisik:

اذا كنتم ثلاثه، فلا يتنا جی اثنان دون الاخر، حتی تختلطوا بالناس، من اجل ان ذلك يحزنه

"Jika kalian bertiga, maka janganlah berbisik-bisik berduaan sementara yang ketiga tidak diajak, sampai kalian bergaul dengan manusia. Karena hal ini bisa membuat orang yang ketiga tadi bersedih". [Mutafaqun 'alaihi no.6290 dan Muslim no.2184. Hadits ini dicantumkan dalam Bulughul Maram dalam bab adab]

Seorang muslim dalam berinteraksi dengan sesama muslim lainnya dilandasi cinta kasih dan persaudaraan. Terlebih bila mereka hidup dalam mengemban dakwah, dan hidup bersaudara dalam sebuah jama'ah. Baik jama'ah itu berupa jama'ah kajian, atau sebuah komunitas atau sebuah perkumpulan kebaikan.

Landasan ketaqwaan, dan semanhaj adalah asas dari berjamaah, dan berkumpul karena Allah. Maka dalam berjama'ah hendaknya transparansi, saling memahami dan saling sepenanggungan dikedepankan.

Termasuk adab yang buruk dan pintu-pintu syaitan adalah ketika seorang dengan yang lainnya telah bersepakat dalam komunitas kebaikan, atau yang lebih kecil dari itu, umpama dalam pertemuan kecil disebuah kajian meninggalkan yang lain dan melakukan pembicaraan rahasia dan berbisik, yang dengannya maka akan muncul prasangka buruk, pecahnya hati, munculnya tidak saling percaya, serta kesediaan, dan pintu-pintu keburukan lain yang dihembuskan syaitan diantara mereka.

Semoga kita diberi kemudahan oleh Allah untuk mengemban persaudaraan, menutup celah-celah perpecahan dan buruk sangka diantara orang-orang beriman. Bersaudara sepenanggungan diatas taqwa dan sepenanggungan dalam manhaj.

_____
Ba'da Isya. Oleh yang butuh dan mengharapkan ampunan Rabb-Nya.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Pembicaraan Rahasia Itu Dari Syaithan"