Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran (Bagian 10)



Penghalang yang ke 10 dari kebenaran yaitu hasad.

Apa itu ? Yaitu iri hati, dengki, dia tidak suka orang lain diberikan kenikmatan. Ketika kita merasa panas dengan kenikmatan yang di berikan kepada teman kita atau saudara kita berarti kita dengki.

الْحَسد: هو الباعث على أوَّل معصية

"Dengki adalah merupakan maksiat pertama di muka bumi".

Dimana iblis dengki kepada Nabi Adam ‘alaihissalam, sehingga ia tidak mau sujud kepadanya. Dengki juga yang membuat orang Yahudi kufur kepada Allah dan tidak mau mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena ternyata Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan dari Bani Israil tetapi dari Bani Isma’il.

Demikian pula dengki menyebabkan banyak orang kufur kepada Allah. Maka, kewajiban seorang hamba adalah untuk berhati-hati dari kedengkian.

Syaikh Abdurrahman Al-mu’alimii berkata:

الحسد ، وذلك إذا كان غير ه هو الذي بيَّن الحق فيرى أن اعتر افه بذلك الحق يكون اعتر افًا لذلك المبيَّن بالفضل والعلم واﻹصابة، فيعظم ذاك فِي عيو ن الناس

"Dengki, yaitu kalau ternyata dia melihat orang lain yang lebih muda misalnya dari dirinya menjelaskan kebenaran dan kalau ia mengakui kebenaran yang dibawa orang tersebut, dia merasa wah, berarti orang ini sama saja akan jadi besar, gara-gara saya mengakui kebenaran yang dia bawa". (Kitab Attankil 2/195)

Akhirnya apa yang terjadi ?! Diapun tidak mau mengakui kebenaran yang dibawa oleh orang tersebut, karena dia tidak ingin orang yang membawa kebenaran tersebut menjadi besar. Maka, ini adalah merupakan kedengkian.

Berkata Abu Hatim Ibnu Hibban:

وأكثر ما يو جد الحسد بين الأقران

"Hasad itu seringkali terjadi di antara dua orang yang bersaing atau yang dalam satu pekerjaan (misalnya)". (Raudhatul Uqala hal.136)

لأن اكتبة لا يحسدها إلا الكتبة

Contoh misalnya kata beliau, sesama penulis sekretaris biasanya hasadnya kepada yang sama juga. Demikian pula pebisnis biasanya hasadnya kepada pebisnis juga. ustadz biasanya hasadnya kepada ustadz juga. Murid demikian pula, biasanya dengan yang sama dengan yang sejenis.

Imam Asy Syaukani rahimahullah berkata: "Diantara sebab yang mencegah dari bersikap adil itu adanya persaingan antara dua orang dalam keutamaan atau dalam kedudukan, baik kedudukan agama maupun dunia. Dimana ketika setan meniupkan was-was di hatinya, akhirnya kemudian persaingan tersebut membawa salah satunya atau kedua-duanya untuk saling menjatuhkan". (Adabut Thalab hal.91)

Maka, yang seperti ini sangat berbahaya. Jadi was-was atau dengki itu akibat daripada terkadang dua teman yang sejawat, yang sepekerjaan, yang sama statusnya karena ada persaingan, di situ terjadilah hasad dan kedengkian.

Maka, bagaimana cara menghilangkan kedengkian ?

Berusahalah, mendoakan orang yang kita merasa dengki kepadanya. Kita juga berusaha untuk memberinya hadiah. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Hendaklah kalian saling memberikan hadiah, niscaya kalian saling mencintai". [HR. Imam Ahmad]

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menyuruh kita saling mengunjungi. Kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: "Kunjungilah sekali-kali, niscaya akan tumbuh rasa cinta".

Kita kunjungi dia, kita doakan dia, kita berikan hadiah kepada dia, dan berusaha lawan rasa dengki di hati tersebut, karena kedengkian itu tidak ada manfa’atnya sama sekali. Kedengkian itu hanya menyebabkan kita terjerumus kepada berbagai macam kemungkaran dan mendatangkan kemurkaan Allah kepada kita. Wallahu A’lam.

Dari kitab yang berjudul "Shawarif ‘Anil Haq", tentang Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran, ditulis oleh Syaikh Hamd bin Ibrahim Al Utsman hafidzhahullah

Oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc. hafidzhahullah

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
Web: dakwahmanhajsalaf.com
Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran (Bagian 10)"