Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerja Di Bank Syariah

 




Pertanyaan:

بــسم اللّٰـه 
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Bagaimanakah hukumnya bekerja di Bank Syariah ? Misalnya, suami kerja di BMT dan istri di Bank Syariah. Apakah status harta yang kami dapatkan ? Jazakallahu khairan.

(Dari Fatah Group MS-I 18)

Jawab:

بــسم اللّٰـه 
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته 

Bagi yang masih bekerja di perbankan, saya sampaikan:

1) Tidak ada atau belum ada Bank Syariah di Indonesia.
2) Kata Syariah adalah penipuan sekaligus merubah fakta dan dosa kedua setelah penipuan nama, yakni ribawi namun di katakan Syariah.

Dan itu tentu di ketahui sendiri oleh mereka, bahwa sistem yang ada pada mereka lebih zalim dan lebih jahat serta manipulasi nama dan lebih mencekik nasabah dari bank umum Konvensional lainnya.

3) Fahami ucapan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di bawah ini:

لعن رسول الله صلى الله عليه وسلم اكل الربا و موكله و كاتبه و شاهديه هم سواء

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, wakil, penulis, dan saksi, mereka dalam dosa sama". [HR. Muslim no.4177]

Syaikh bin baz rahimahullah berkata: "Tidak boleh bekerja di bank-bank yang bertransaksi dengan riba karena hal itu berarti membantu mereka di dalam melakukan dosa dan pelanggaran. Sementara Allah telah berfirman:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّ‍‍قْ‍‍وَىٰ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُ‍‍دْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya". (Qs. Al-Ma’idah: 2)". (Kitabud Da’wah 1/142)

Maka, tinggalkan, segerah keluar, karena semua fasilitas, gaji dan penghasilan anda berdua adalah haram, riba dan kezaliman. Semoga Allah memberikan ganti yang lebih baik dari rezeki.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إنك لَن تدَع شيئًا للهِ عزَّ وجلَّ إلا بدَلك اللهُ به ما هو خيرٌ لكَ منه

"Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik bagimu". [HR. Ahmad no. 21.996. Kata Syaikh Al Albani rahimahullah dalam As Shahihah II:734: Shahih]

Banyak orang-orang yang kami kenal dari pegawai bank, dari jamaah kajian saya, atau sahabat, mereka yang berselera keluar dari pekerjaan haram, dan Allah menanggung rezeki mereka dan mereka bisa hidup dengan baik.

والله تعالى أعلمُ بالـصـواب

Dijawab Oleh Ustadz Abu Abdurrahman Al-Atsary hafidzhahullah

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.


Posting Komentar untuk "Kerja Di Bank Syariah"