Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asas Persaudaraan Orang Beriman



Syaikh Abdurahman bin Nasir bin Abdillah As-Sady rahimahullah berkata:

هذا عقد عقده الله بين المؤمنين أنه إذا وجد من أي شخص كان في مشرق الأرض و مغربها الايمان بالله و ملائكته و كتبه و رسوله و اليوم الأخر فإنه اخ للمؤمنين اخوة توجب أن يحب له المؤمنون ما يحبون لانفسهم و يكرهون له ما يكرهون لأنفسهم

"Inilah ketetapan yang di tetapkan oleh Allah antara orang beriman, bahwasanya siapapun yang di temui di bagian bumi timur atau bagian bumi barat, seorang yang di dalam dirinya terdapat keimanan kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-Nya, para Rasul-Nya dan hari akhir, maka dia menjadi saudara bagi orang-orang beriman (lainnya). Persaudaraan yang mewajibkan seorang untuk mencintainya sebagaimana mereka mencintai diri-diri mereka sendiri, serta membenci (sesuatu) bagi saudaranya itu apa yang ia benci bila menimpa dirinya sendiri".

كتاب تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان 7/133

Inilah pijakan kokoh dalam keimanan, wujud sempurna dalam aqidah Al-Wala wal Bara (loyalitas dan pengingkaran) bahwa persaudaraan dalam islam di ikat dengan ikatan aqidah dan di bangun atas kecintaan kepada Allah Ta'ala, serta Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan persaudaraan yang semacam ini yang akan langgeng sampai nanti, di surga-Nya, insya Allah.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al-Atsary hafidzhahullah

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Asas Persaudaraan Orang Beriman"