Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Bermajelis Dengan Ahlul Bid'ah





Oleh Ustadz Berik Said hafizhahullah

Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah berkata:

فـاذا وجـدنا مبتـدعا عـنده طـلاقة فـي اللّسان و سـحر بالبيـان فـانّه لا يجـوز أن نجلـس الـيه لأنّـه مبتـدع . لماذا لا يجـوز ؟ أولا: لأنّنـا نخشـى مـن شـره، فـانّ الـنّبي-صـلى الله عليه وعلـى الـه وسـلم- قـال: انّ مـن البيـان لسـحرا، قـد يسحر عـقولنا حتـى نـوافقه على بدعـته .

"Bila kita mendapati seorang ahlul bid'ah yang lisannya begitu fasih dan mampu menyihir, maka tidak boleh bagi kita untuk bermanjelis dengannya karena ia ahlul bid'ah. Mengapa Tidak boleh ? Pertama, karena kita khawatir ikut terseret kejelekannya, karena sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya dalam sebagian perkataan itu terdapat sihir". [HSR. Bukhari 5767]. Sungguh terkadang akal-akal kita dapat tersihir dengan perkataannya itu dan akhirnya kita menyetujui bid'ahnya.

ثانيـا: انّ فيـه تشـجيعا لهذا المبـتدع، أن يكـثر النّاس حـوله أو أن يجلـس اليـه فـلان و فـلان مـن الأشـراف والوجـهآء والأعـيان هـذا يزيـده رفعـة واغـترارا بما عنـده من البـدعة وغـرورا في نفسـه

Kedua, dengan kita menghadiri majelisnya ahlul bid'ah, maka hal ini akan membuat si ahlul bid'ah itu semakin percaya diri, bahwa saat banyak manusia yang duduk di sekelilingnya atau apa lagi yang duduk di depannya orang-orang mulia, terhormat dan tokoh individual. Hal ini justru akan menambah si ahlul bid'ah itu melambung namanya dan bisa semakin membuat manusia akan terkelabui dengan kebid'ahannya, disamping ia tertipu dengan dirinya.

ثالثا: اسـاءة الظـنّ بهـذا الـذي اجتـمع الى صاحـب البـدعة , وقـد لا يتـبيّن هـذا الا بعد حـين، فـانّ النّاس اذا رأوك تذهـب الى صاحـب البـدعة سـوف يتهـمونك وان لـم يتبيّـن هـذا الا بعد حـين ، ولهـذا ينبغـي لطالـب الـعلم -بل يجـب عليه- أن يجتـنب الجـلوس الى أهـل البـدع .

Ketiga, memiliki efek buruk sangka terhadap setiap orang yang bergabung dengan ahlul bid'ah ini. Dan hal ini biasanya baru terlihat setelah sekian lamanya, karena manusia jika melihat kamu pergi kepada ahlul bid'ah, pasti mereka akan langsung mencurigaimu, walau hal ini belum tampak jelas, kecuali setelah sekian lama. Atas dasar itu, maka disukai agar penuntut ilmu, bahkan wajib bagi para penuntut ilmu untuk menjauhi bermajelis kepada ahlul bid'ah". https://manhaj-s.blogspot.co.id/2018/01/blog-post_48.html

Subhanallah, alangkah bagus dan benarnya apa yang dikatakan oleh beliau, berapa banyak diantara kita yang hari ini terpesona dengan kecerdasan dan kehebatan retorika seseorang da'i, baik karena fasihnya bicara atau kehebatan daya ingatnya, lalu kita menganggapnya sebagai da'i hebat dan benar tanpa kita tahu bagaimana manhaj dan aqidahnya.

Awalnya mereka yang suka bermajelis atau mendengarkan kajian ahlul bid’ah atau ahlul syubhat atau yang manhajnya tidak jelas itu berfikir, "Ambil yang haqnya, buang yang bathilnya". Allahul Musta’aan.

Tidakkah kita tahu yang kita hadapi adalah ahli sihir yang membinasakan. Lantas dengan ilmu apa sekelas kita akan mampu menyaring mana haq dan mana bathil ?

Kalau kamu mampu menyaringnya, berarti kamu lebih pantas jadi guru dia. Nah, akhirnya, bahkan nyaris kita tidak peduli lagi mencermati manhaj dan aqidahnya. Bahkan saat mendengar orang yang memberikan koreksi atas penyimpangan dan manhaj ahlul bid'ah dan syubhat tersebut dengan bukti-bukti shahih, tetap akan ditolak oleh para mereka yang biasa bermajelis dengan ahlul bid'ah tersebut atau yang suka mendengarkan ceramah syubhatnya, karena telah tersihir oleh retorika ahlul bid'ah itu. Allahul Musta’aan.

Jauhilah dan tinggalkanlah olehmu mereka yang manhajnya tidak jelas, abu-abu, apalagi terbukti telah jelas menyimpang dari Manhaj Salaf. Jangan tertipu dengan kehebatan hafalan, retorika atau gelar.

Semoga Allah selalu meneguhkan kita terus istiqamah di atas manhaj salafush shalih dan terhindar dari sihirnya para ahlul bid'ah dan syubhat. Aamiin

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
Web: dakwahmanhajsalaf.com
Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Jangan Bermajelis Dengan Ahlul Bid'ah"