Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Gembira Bagi Para Pedagang Yang Jujur





Oleh Ustadz Berik Said Hafizhahullah

Nabi shallallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

التَّاجِرُ الصَّدُوقُ الأَمِينُ مع النَّبيينَ والصِّدِّيقِينَ والشُّهَدَاءِ

"Para pedagang yang jujur lagi amanah akan dikumpulkan bersama para Nabi ‘alaihimus shalawaatu wa sallam, orang-orang shidiq dan para syuhada". [HR. Turmudzi 1209, Darami 2581, Daroquthni 2813 dan Hakim dalam Al-Mustadrak 2143]

Derajat Hadits Diatas

Kata Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam Al-Mustadrak Alal Majmu I:163, Jayyid. Kata Ibnu Muflih rahimahullah dalam Aadabus Syar’iyyah II:231, Jayyid. Kata Al-Haitsami Al-Makki rahimahullah dalam Az-Zawaajir I:244, Hasan. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih At-Targhib 1782, Shahih karena adanya jalur pendukungnya.

Tentu saja pedagang yang jujur dan amanat tidak akan bisa diraih tanpa memiliki ilmu syar'i yang shahih terutama terkait fiqh mu'amalah. Maka, ayolah kalian terutama yang suka berbisnis, pelajarilah fiqh mu'amalah dengan benar, lalu jadilah kalian pedagang yang jujur dan amanah, maka semoga Allah akan menempatkanmu bersama para Nabi  ‘alaihimus shalawaatu wa sallam, orang-orang shidiq dan para syuhada, Aamiin.

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Kabar Gembira Bagi Para Pedagang Yang Jujur "