Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekafiran dan Keburukan Syi'ah Rafidhah





Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Tidak disebut Syi'ah kalau tidak mencela para Shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan sekte Syi’ah paling extrem yang disebut Rafidhah, maka mereka telah menyatakan murtadnya hampir seluruh Shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kecuali hanya beberapa gelintir saja yang tidak mereka kafirkan. Sayangnya Syi'ah Rafidhah kini yang menjadi madzhab resminya Negeri Iran. Bahkan hampir semua penganut Syi'ah di seluruh Indonesia sampai hari ini adalah penganut Syi'ah Rafidhah.

Mereka paling semangat mengkafirkan terutama Shahabat Abu Bakar, Umar, Utsman, Aisyah dan ribuan Shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya radhiallahu ‘anhum ajma’in. Semoga Allah menyumpal mulut-mulut Rafidhah ini. Anehnya Rafidhah yang kafir ini mengkafirkan ribuan Shahabat atas nama kecintaan pada 'Ali radhiallahu ‘anhu dan Ahlul Bait radhiallahu ‘anhum lainnya. Padahal tak ada seorangpun Ahlul Bait yang membenci para Shahabat lainnya di luar Ahlul Bait radhiallahu ‘anhum ajma’in. Bahkan seluruh Ahlul Bait berlepas diri dari pencela para Shahabat radhiallahu ‘anhum ajma’in.

Saya -Berik Said- bahkan pernah menceramahkan ini secara khusus dalam banyak pertemuan kajian di Jakarta, Bogor, Solo, dan Indramayu.

Dalam risalah ini kami kutipkan sebagian kecil perkataan para ahli ilmu dari zaman shahabat radhiallahu ‘anhum sampai para Ulama muta’akhirin yang sepakat mengkafirkan Rafidhah. Karena sebagaimana telah kami sebutkan di muka, tidak disebut Rafidhah kalau tidak mencela Shahabat, maka kami akan kutipkan perkataan para Ulama itu walau terkadang tak langsung menyebut nama Syi’ah atau Rafidhahnya. Semoga bisa difahami.

Pernyataan Ahli Ilmu Zaman Shahabat


Ali Bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu berkata:

لاَ أُوْتِـيَ بِأَحَدٍ يُفَضِّلُـنِيْ عَلَى أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ إِلاَّ جَلَّدْتُهُ حَدَّ الْمُفْتَرِي

Tidaklah didatangkan kepadaku seseorang yang lebih megutamakanku daripada Abu Bakar dan Umar melainkan akan saya cambuk dia sebagaimana hukuman pendusta". (As Sunnah Ibnu abi ‘Ashim rahimahullah 1219)

Abdur Rahmaan Bin 'Abzaa radhiallahu ‘anhu (Beliau termasuk Shighor As-Shohabah, wafat sekitar tahun 70 H) berkata:

فعن سعيد بن عبد الرحمن بن أبزى قال: قلت لأبي : ما تقول في رجل سب أبا بكر؟. قال: يُقتل. قلت: ما تقول في رجل سب عمر؟ قال: يُقتل

Dari Sa’id bin Abdur Rahman bin Abzaa rahimahullah berkata: "Aku pernah bertanya kepada ayahku (Abdur Rahman bin Abza radhiallahu ‘anhu): "Apa pendapat engkau tentang seseorang yang mencela Abu Bakar -radhiallahu ‘anhu-?". Beliau menjawab: "Harus Dibunuh!". Aku kembali bertanya: "Lantas apa pendapatmu tenang orang yang mencela Umar radhiallahu ‘anhu?". Beliau menjawab: "Harus Dibunuh!". (An Nahyu ‘an Sabbil Ashaab, hal.84, no. riwayat 31)

Pernyataan Ahli Ilmu Zaman Tabi'in


Alqomah Qoys An-Nakha'i rahimahullah (Wafat 62 H). Beliau hidup di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tetapi tak pernah bertatap muka dengan beliau. Wafat di zaman Mu’awiyah radhiallahu ‘anhu tahun 61 atau 62 H. Karena luasnya keilmuannya sampai sebagai Shahabat Nabi radhiallahu ‘anhu bertanya kepada beliau dalam beberapa perkara. (Siyaar A’laamun Nubalaa IV:53-61). Beliau pernah berkata:

لقد غلت هذه الشيعة في علي -رضي الله عنه- كما غلت النصارى في عيسى بن مريم

"Benar-benar sikap terlampau berlebihannya Syi’ah terhadap Ali radhiallahu ‘anhu itu sebagaimana sikap berlebih-lebihannya orang Nashrani terhadap Nabi Isa ‘alaihis shalaatu wa sallam." (As Sunnah, Karya Ahmad bin Hanbal rahimahullah II:548)

Thalhah bin Mushorrif rahimahullah (112 H). Beliau seorang tabi’in. Beliau dikenal sebagai pakar membaca Al Qur’an di negeri Kufah. Wafat tahun di akhir tahun 112 H. (Siyaar A’laamun Nubalaa V:191-193). Beliau pernah berkata:

الرافضة لا تنكح نساؤهم، ولا تؤكل ذبائحهم، لأنهم أهل ردة

"Para wanita Rafidhah tidak boleh dinikahi, sembelihan mereka tidak boleh dimakan, dikarenakan mereka orang-orang yang Murtad". (Al Intiqoo fii Fadhoo’ili ats Tsalaatsatil A’immatil Fuqohaa, hal.163)

Pernyataan Empat Imam Madzhab


Abu Hanifah (pendiri Madzhab Hanafi 150 H) betkata:

الجماعة أن تفضل أبا بكر وعمر وعلياً وعثمان ولا تنتقص أحداً من أصحاب رسول الله صلىالله عليه وسلم

"Al-Jama'ah adalah engkau mengutamakan Abu Bakar, kemudian Umar, Utsman, dan Ali radhiallahu ‘anhum dan tidak mencela seorangpun dari Shahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam".

Malik bin Anas (Pendiri Madzhab Maliki 179 H) berkata, Asyhab bin ‘Abdul ‘Aziz rahimahullah pernah bertanya kepada Imam Malik rahimahullah tentang Rafidhah. Imam Malik rahimahullah menjawab:

لا تكلمهم ولا ترو عنهم فإنهم يكذبون

"Janganlah kalian meriwayatkan hadits dari mereka. Sesungguhnya mereka itu sering berdusta". (Minhaajus Sunnah, karya Ibnu Taimiyyah rahimahullah I:61)

Imam Syafi'i rahimahullah (Pendiri Madzhab Syafi'i 204 H) beliau pernah berkata:

لم أر أحداً من أصحاب الأهواء،أكذب في الدعوى، ولا أشهد بالزور من الرافضة

"Aku belum pernah melihat seorang pun pengikut hawa nafsu yang lebih dusta dalam pernyataannya dan dalam memberikan kesaksian Palsu yang lebih parah dari Rafidhah". (Al Ibaanah Al-Kubra, karya Ibnu Bathoh rahimahullah II:545)

Ahmad bin Hanbal (Pendiri Madzhab Banbali 241 H). ‘Abdullah bin Ahmad (anaknya Ahmad bin Hanbal rahimahumallah) pernah berkata:

سألت أبي عن رجل شتم رجلاً من أصحاب النبي صلىالله عليه وسلم فقال: ما أراه على الإسلام

"Aku pernah bertanya kepada ayahku perihal seseorang yang mencela shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau menjawab: "Aku tidak memandangnya lagi ia berada di atas agama Islam". (As-Sunnah, karya Al-Khollaal rahimahullah I:493)

Dalam kesempatan lain disebutkan oleh Isma’il bin Ishaq rahimahullah berkata:

أن أبا عبدالله سُئل: عن رجل له جار رافضي يسلم عليه ؟ قال: لا، وإذا سلم عليه لا يرد عليه

"Sesungguhnya Abu Abdillah ditanya tentang seseorang yang memiliki tetangga Syi'ah Rafidhah, apakah perlu mengucapkan salam padanya?. Tidak! Bila orang Rafidhah itu mengucapkan salam padanya jangan dijawab". (As Sunnah, karya al Khollaal rahimahullah I:494)

Pernyataan Ulama Lainnya Diluar Empat Imam Madzhab

Imam Mis'ar Bin Kidaam rahimahullah (155 H). Beliau adalah salah seorang periwayat hadits dan imam yang adil. Ahli ibadah yang amat khusyu’. Hampir seluruh ahli hadits memujinya. Wafat 155 H. (Siyaar A’laamun Nubalaa VII:164-174)

Al-Laalikaa’i rahimahullah mengisahkan:

أن مسعر بن كدام لقيه رجل من الرافضة فكلمه بشئ. فقال له مسعر: تنح عني فإنك شيطان

"Sesungguhnya Mis’ar bin Kidaam rahimahullah pernah berjumpa dengan seorang lelaki penganut Rafidhah. Lantas orang tersebut berbicara tentang sesuatu kepada beliau. Maka Mis’ar rahimahullah berkata kepadanya: "Enyahlah engkau dari sisiku, karena sesungguhnya engkau ini Setan". (Syarhus Sunnah Karya al Laalika’I rahimahullah VIII:1457)

Sufyaan Ats Tsauri rahimahullah (161 H). Beliau pakar fiqh, pakar hadits handal, dan Ahlu Zuhud di Kufah (Iraq). Beliau termasuk generasi tabi’ut tabi’in. Wafat tahun 161 H. (Siyaar A’lam an Nubalaa VII:230-235).

Al-Firyaabi rahimahullah mengisahkan:

سمعت سفيان ورجل يسأله عن من يشتم أبا بكر ؟ فقال: كافر بالله العظيم. قال: نصلي عليه ؟ قال: لا ، ولا كرامة… لا اله إلا الله ، ما نصنع به ؟ قال: لا تمسوه بأيديكم ، ارفعوه بالخشب حتى تواروه في قبره

"Aku pernah mendengar Sufyaan rahimahullah ditanya seorang lelaki tentang hukum orang yang mencela Abu Bakar radhiallahu ‘anhu". Beliau menjawab: "Dia telah kafir kepada Allah Yang Maha Agung". Lelaki itu kembali bertanya: "Adakah kami boleh menyolatnya ?. Beliau menjawab: "Tidak boleh!! Tidak ada kemuliaan baginya". Lelaki itu kembali bertanya: "Laa ilaaha illallah, lantas apa yang harus kami lakukan terhadap jenazah tersebut?". Beliau menjawab: "Jangan sentuh Jenazahnya dengan tangan-tangan kalian, angkat saja jenazah itu dengan kayu hingga kemudian kalian dapat menutup kuburnya". (Siyaar A’laamun Nubalaa VII:253)

Al-Qadhi Abu Yusuf rahimahullah (182 H). Beliau salah satu murid terbesar Abu Hanifah rahimahullah. Seorang mujtahid dan pakar hadits besar Madzhab Hanafi. Wafat tahun 182 H di zaman Khalifah Harun Ar-Roosyid rahimahullah. (Siyaar A’laamun Nubalaa VIII:536-540). Beliau pernah berkata:

لا أصلي خلف جهمي، ولا رافضي، ولا قدري

“Aku tidak sudi shalat di belakang penganut Jahmiyyah, Rafidhah, maupun Qadariyyah". (Syarah Ushul I’tiqod Ahlsu Sunnah, karya al Laalikaa’i rahimahullah IV:733)

Ahmad bin Yunus rahimahullah (227 H). Beliau seorang Imaamul hujjah. Imam Ahmad rahimahullah sampai menggelarimnya sebagai Syaikhul Islam. (Siyaar A’laamun Nubalaa X:457-460). Beliau pernah berkata:

إنا لا نأكل ذبيحة رجل رافضي، فإنه عندي مرتد

"Sesungguhnya kami tidak sudi makan sembelihan seorang penganut Syi'ah Rhafidhah, karena menurut kami mereka telah Murtad". (Syarah I’toqood Ahlus Sunnah VIII:459)

Imam Bukhari rahimahullah (256 H) berkata:

ما أبالي صليت خلف الجهمي والرافضي، أم صليت خلف اليهود والنصارى، ولا يسلم عليهم، ولا يعادون، ولا يناكحون ، ولا يشهدون، ولا تؤكل ذبائحهم

"Bagiku sama saja aku shalat di belakang penganut Jahmiyyah, Syi'ah Rafidhah, atau aku shalat di belakang Yahudi dan Nashrani. Seseorang tidak boleh mengucap salam kepada mereka, menjenguk, menikahi dan bersaksi kepada mereka dan tidak boleh memakan sembelihan mereka". (Kholqu Afaalul ‘Ibaad hal.125)

Imam Abu Zur'ah Roozi rahimahullah (264 H). Beliau seorang imam dan pemimpinnya para penghafal hadits. Seluruh pakar hadits telah memujinya. Wafat tahun 264 H. (Siyaar A’laamun Nubalaa XIII:66-76). Beliau pernah berkata:

إذا رأيت الرجل ينتقص أحداً من أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم فاعلم أنه زنديق

"Bila kamu melihat orang yang mencela seorang saja dari Shahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam, maka ketahuilah seorang zindiq (meenampakkan keislaman dalam zhahirnya, padahal hatinya kafir -pent)!". (Al-Kifaayah hal.49)

Syaikh Nashiruddin Al Albani rahimahullah. Beliau pakar hadits kontemporer yang tak perlu diperkenalkan lagi. Beliau pernah dimintai pendapat tentang 5 butir perkataan Khumaeni -la’natullah ‘alahi-. (Salah satu butir pernyataan Khumaeni tentang kafirnya para Shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam -pent). Maka, beliau menjawab:

إن كل قول من تلك الأقوال الخمسة كفربواح ، وشرك صراح ، لمخالفته للقرآن الكريم ، والسنة المطهرة وإجماع الأمة ، وما هومعلوم من الدين بالضرورة

"Setiap butir pernyataan dari 5 butir pernyataan ini adalah kekafiran yang jelas dan kemusyrikan yang amat terang. Karena menyelisihi Al-Qur’an yang mulia, sunnah yang suci dan ijma’ ummat. Dan ini termasuk perkara yang telah diketahui secara darurat.

ولذلك فكل من قال بها ، معتقداً ، ولو ببعض مافيها فهو مشرك كافر ، وإن صام وصلى وزعم أنه مسلم

Atas dasar itu, maka siapapun yang berkata dengan perkataan semacam ini dan menyakininya, walaupun hanya meyakini sebagiannya saja yang terkandung dalam 5 butir pertanyaan Khumaeni tersebut, maka dia musyrik kafir, sekalipun dia masih puasa dan shalat dan walaupun dirinya mengaku seorang Islam". (Fatwa Syaikh al Albani rahimahullah terkait Kekafiran Khumaeni yang dikutip dari situs: http://www.eltwhed.com/vb/showthread.php?20362)

Sebenarnya ingin kami tambahkan dengan puluhan lagi perkataan para ulama lainnya , seperti Ibnu Jarir, Ibnu Taimiyyah, Ibnu Katsir, Ibnu Hazm, asy Syaukani dan puluhan fatwa ulama Ahlus Sunnah lainnya rahimahumullah yang sepakat mengkafirkan mereka. Namun mengingat khawatir terlalu panjang dan menjemukan sementara kami cukupkan sampai di sini dulu.

Tulisan ini banyak mengambil sumber dari situs http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=107213 yang kemudian kami olah dengan berbagai kitab rujukan lainnya.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Kekafiran dan Keburukan Syi'ah Rafidhah"