Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ma'af Saya Tidak Bisa Sering Datang Ke Kajian Karena Sibuk






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Demikianlah perkataan yang sering kita dengar dari ikhwan dan akhawat yang tak bisa hadir di majelis-majelis ilmu.

Sibuk apa ? Umumnya sibuk urusan duniawi.

Nah sebagai bahan renungan masalah ini, coba perhatikah tentang apa yang terjadi pada Shahabat Khalid bin Walid radhiallahu ‘anhu. Beliau menyesali diri tak lagi banyak membaca ayat-ayat Quran

Mengapa beliau merasa menyesali tak lagi banyak membaca Al-Quran ?

Apa karena beliau sibuk berdagang? Apa karena sibuk memikirkan terobosan ekonomi? Atau karena sibuk bersosmed ria mencari informasi urusan duniawi? atau karena urusan dunia lainnya ? Ternyata tidak.

Lantas beliau disibukkan oleh perkara apa sehingga menyesali belakangan jarang membaca Al-Quran?

Jawabannya lihat apa yang dikatakan oleh beliau berikut ini:

لَقَدْ شَغَلَنِي الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ عَنْ كَثِيرٍ مِنْ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ

“Benar-benar jihad fii sabilillah telah menyita waktuku untuk bisa membaca Al-Quran“. [Atsar ini diketengahkan oleh Ibnu abi Syaibha dalam al Mushonnaf (X:552), Ibnu a’Asaakir dalam Tarikhnya (XVI:250). Atsar ini sebenarnya lemah, tetapi karena adanya jalur pendukungnya menjadikan atsar ini hasan atau shahih. Atsar ini dinyatakan shahih oleh al Haitsami dalam Al-Majmu’ (IX:350) dan al Hafizh dalam Matholibul ‘Aaliyah (XVI:314)]

Maa Sya Allah,Sekelas Khalid bin Walid radhiallahu ‘anhu merasa menyesal belakangan jarang membaca Al Qur'an padahal itu dikarenakan saat beliau sedang sibuk mengikuti berbagai perang/jihad fii sabilillah. Dan kita tahu jihad fii sabilillah termasuk tiang agama tertinggi. Walau begitu beliau seakan tetap menyesali kehilangan waktunya dari banyak membaca Al-Quran akibat sibuk berjihad.

Lantas dimana posisi kita wahai saudaraku yang mulai sering meninggalkan majelis-majelis ilmu syar'i. Apa alasan jadi begini, Apa karena kita sibuk ? Sibuk apa ?

Apa karena kita sedang sibuk perang berdarah-darah menghadapi kaum kafir seperti yang dialami oleh Khalid bin Walid radhiallahu ‘anhu di atas ?

Atau apa karena kita sedang sibuk berdakwah sunnah kesana kemari ? Atau apa karena kita sedang sibuk mempelajari ilmu hadist ? Atau apa karena kita sedang sibuk membantu kaum muslimin yang sedang tertimpa bencana? Atau kita sedang sibuk berbisnis, cari modal, bedagang, memikirkan perut kita dan ingin menjadi kaya raya sehingga kita mulai malas menuntut ilmu syar'i di majelis-majelis Ahlus Sunnah? atau kita sibuk mencari jodoh? Jawab dengan jujur, dimana posisi kita ?

Tidakkah kita malu dengan apa yang dikatakan Shahabat Khalid radhiallahu ‘anhu di atas ?

Semoga Allah memaafkan kita semua. Ingatlah jangan sampai dunia memperdaya kita hingga kita mulai lemah dalam menuntut ilmu syar’i.

Allah Ta’ala berfirman:

فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا

“Maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdaya kamu.”(QS. Luqman: 33)

Dan Firman-nya:

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآخِرَةِ إِلَّا النَّارُ ۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

"Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh diakhirat kecuali neraka. Dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan". (QS. Hud: 15-16)

Ya Allah ampunkan kekhilafan kami selama ini yang telah banyak melalaikan agama-Mu dikarena kesibukan duniawi kami.

Habis waktu kami mengejar dunia dan harta dan entah telah berapa sering akhirnya kami mulai meninggalkan majelis ilmu syar’i.

Berilah kami kekuatan untuk melenyapkan emosi duniawi, dan tentramkan hati kami dengan selalu ingat akhirat, Aamiin.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalmiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp : 089665842579
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Fanspage: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Ma'af Saya Tidak Bisa Sering Datang Ke Kajian Karena Sibuk"