Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bid'ah Fadhilah Dzikir Khusus Bagi Wanita Haid




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Jangan tertipu dengan fadhilah dzikir khusus bagi wanita saat mengalami haid dihari pertama, dan anjuran bagi wanita yang haid agar membaca istighfar sebanyak 70x dengan teknik tertentu dan dengan menyebutkan fadhilahnya.

Telah sampai pertanyaan pada ana pertanyaan berikut dan agaknya ini tersebar pula di group WA, perkara yang ringkasnya seperti di bawah.

Amalan Wanita Ketika Haid

Doa saat wanita mengalami haid:

ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺣﺎﻝ ﻭﺃﺳﺘﻐﻔﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺫﻧﺐ

Artinya, Segala puji bagi Allah atas segala kondisi dan keadaan, aku mohon ampun kepada Allah dari segala dosa.

Selanjutnya disitu juga disebutkan. Siapa saja dari wanita dihari pertama mengalami haid ia membaca dzikir tersebut, maka Allah Ta'ala memberikan pembebasan dari api Neraka dan kemudahan untuk melewati Shirat (titian hari Kiamat) serta aman dari azab Neraka.

Juga disitu disebutkan. Siapa saja wanita yang sedang haid membaca istighfar 70x pada setiap datang waktu shalat fardhu, maka Allah Ta'ala akan memberikan kepadanya pahala orang yang melakukan shalat sunnah 1000 rakaat, mendapat ampunan 70 macam dosa dan Allah bangunkan kota megah di Surga sebanyak jumlah bulu dan rambut yang ada pada jasadnya.

Jawaban Ana

Tak diragukan memuji Allah, beristighfar dan bertaubat, amatlah disukai untuk dibaca setiap kaum muslimin kapanpun dan dimanapun di tempat-tempat yang baik. Tak peduli siang maupun malam, baik dalam keadaan berdiri, duduk, maupun berbaring.

Tetapi menghubungkan redaksi khusus hamdalah, istighfar, dan sebagainya yang dibaca dikondisi-kondisi tertentu apalagi dengan menyebutkan keutamaan-keutamaannya yang tidak diperintahkan atau dicontohkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tak ada pula contoh dari Salafush Shalih, maka ini termasuk bagian dari sikap lancang dan dusta atas nama agama.

Siapapun orangnya, haram membuat dzikir atau wirid tertentu yang dihubungkan dengan kondisi tertentu, apalagi dengan berani menyebutkan fadhilahnya, tanpa ada petunjuk dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maupun para Shahabatnya radhiallahu ‘anhum. Ini termasuk tindakan kejahatan syari'at. Kita berlindung kepada Allah dari perbuatan semacam ini.

Dengan demikian, anjuran bagi wanita yang dihari pertama haidhnya membaca apa yang disebutkan diatas, dan anjuran agar wanita membaca istighfar sebanyak 70 kali setiap kali datang waktu shalat fardhu dengan disebutkan fadhilahnya seperti orang yang shalat sunnah 1000 raka'at dan sebagainya seperti yang disebutkan di atas, maka itu semua adalah hoax atas nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, haram diyakini, apalagi diamalkan.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Bid'ah Fadhilah Dzikir Khusus Bagi Wanita Haid"