Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Membaca Aamiin Dalam Shalat



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Setelah membaca waladhdhaalliin, maka seseorang yang sedang shalat disyari’atkan membaca Aamiin.

Diantara dalil utama masalah ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إذا أمَّنَ الإمامُ فأمِّنوا ، فإنه من وافقَ تأمينُه تأمينَ الملائكةِ ، غُفِرَ له ما تقدَّمَ من ذنبِه.

“Apabila imam mengucapkan Aamiin maka ucapkanlah Aamiin, karena siapa yang ucapan Aamiin-nya bersamaan dengan ucapan Aamiin para malaikat, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". [HSR. Bukhari no. 780, Muslim no. 410, Tirmidzi no. 250, Abu Dawud no. 936, Nasa'i no. 927, dan lain-lain]

Dengan melihat satu hadits di atas dan beberapa hadits lainnya terkait hal ini yang tak kami cantumkan mengingat waktu, maka ada beberapa perkara terkait masalah bacaan Aamiin. Ini yang harus ana pertegas sebagai berikut:

Pertama, kalimat Aamiin itu bukan bagian dari surah Al-Fatihah.

Kedua, walau demikian, membaca Aamiin setelah selesai membaca surah Al-Fatihah teristimewa dalam shalat, dituntut oleh syari’at baik bagi imam, makmum, maupun orang yang shalat sendirian, baik laki-laki maupun wanita. (Lihat Subulus Salam I:174).

Kebanyakan Ulama menyatakan hukumnya sunnah. Namun sebagai ihtiyath (kehati-hatian) jangan kita meninggalkan bacaan Aamiin setelah Al-Fatihah ini.

Ketiga, dalam shalat yang jahar bacaannya, maka baik imam, makmum, maupun orang yang shalat sendirian membaca Aamiin-nya ikut secara jahar.Jika dalam shalat yang bacaannya siir (tidak dikeraskan), maka bacaan Aamiin-nya juga siir.

Ini pendapat Jumhur Ulama, bahkan juga pendapat dari Abu Bakar, Umar, Ibnu Umar dan Abu Hurairah radhiallahu ‘anhum sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Rajan Al Hanbali rahimahullah dalam Fathul Bari karya Ibnu Rajab rahimahullah IV:492. Ini juga Fatwa Lajnah ad Daa’imah VI:420-421.

Keempat, membaca Aamiin setalah selesai membaca surah Al-Fatihah juga disyari'atkan walaupun di luar shalat. Demikian dikatakan oleh Syaikh bin Baz rahimahullah sebagaimana terdapat dalam. http://www.ibnbaz.org.sa/mat/10320

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Hukum Membaca Aamiin Dalam Shalat"