Yang Di Butuhkan Teladan, Bukan Setiap Konflik Solusi Awalnya Cerai




Pertanyaan :
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Nama: Cecep Rahmat
Dari Grup Manhaj Salaf Ikhwan 1

Apa yang harus dilakukan oleh seseorang bila dia mempunyai pasangan hidup (suami/istri) yang berbeda manhaj? Apakah harus bersabar ataukah harus berpisah? Syukran, jazaakallahu khairan

Jawab :

وعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Orang yang menjadikan cerai sebagai solusi setiap ada masalah, menunjukkan ia gagal dalam rumah tangga, gagal mendidik sebagai laki-laki, menunjukkan adanya ego yang dituruti, dan juga ketidakdewasaan dalam hidup.

Kenapa setiap perbedaan solusi yang di tawarkan cerai? Apa tidak ada solusi lain? Atau ambil mudahnya, yang itu menunjukkan anda dan pasangan anda hanya siap dengan hal yang manis dan tidak siap dengan resiko?

Istrimu adalah pilihanmu, tidak ada yang memaksa menikahinya, kecuali kehendak dirimu sendiri. Maka dari itu bijaklah, dan jadikan sebuah problem sebagai bukti kedewasaan, tanggung jawab, dan belajar menyelesaikan dengan baik.

Jadikan pasangan bila memang tidak sama, baik dalam agama dan akhlaknya, sebagai target dakwah mu, dan engkau dikatakan berhasil, saat pasanganmu bisa ikut dirimu untuk hijrah dan merubah diri. Dengan cara apa?

Dengan perbaiki sikapmu padanya, perbaiki tutur katamu, tunjukkan perhatian, bantu kesulitannya, dan mengertilah dengan pasangan. Arahkan pasangan dengan lembut pada kebaikan. Bila perlu, belikan jilbab, bila ingin istrimu berjilbab.

Jangan hanya pandai memerintah sedang di matanya engkau tidak sama dengan yang engkau katakan. Semoga dengan itu pasanganmu bisa lebih mengerti dan sadar bila ia yang salah.

Jangan sekali-kali jadikan kata cerai sebagai solusi awal dalam konflik rumah tangga, kecuali bila sudah tidak bisa dibenahi, silahkan cerai. Dan cerai saat semacam ini, juga bukan satu hal yang buruk.

Dijawab Oleh Ustadz Abu Abdurrahman bin Muhammad Suud al Atsary حفظه الله تعالى

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Yang Di Butuhkan Teladan, Bukan Setiap Konflik Solusi Awalnya Cerai "

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel