Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Betapa Dahsyatnya Api Syubhat



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Untukmu yang masih suka mendengarkan kajian bid'ah dengan alasan ambil baiknya tinggalkan buruknya.

Tahukah kamu bahwa ada seorang mantan murid Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang amat banyak hafal ayat Al-Quran dan bahkan menjadi da'i kemudian menjadi kafir akibat syubhatnya Musailamah Al Kazzab. Dia adalah Rajal Ibnu Anafal Al Hanafi. Orang ini sempat bertemu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan masuk Islam di hadapan beliau, bahkan sangat banyak hafal Al-Quran dan sering diperintah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah di berbagai wilayah.

Di masa Abu Bakar radhiallahu ‘anhu ia meminta tugas dari Abu Bakar radhiallahu ‘anhu untuk mendebat dan mendakwahi si Nabi palsu Musailamah Al Kazzab, dan Abu Bakar radhiallahu ‘anhu memberi izin padanya. Tetapi setelah bertemu Musailamah, ternyata Rajal ini terkena syubhat dan pada akhirnya mendukung gerakan Nabi palsu Musailamah. Allahul musta’aan. Innaa lillaahi wa innaa ilahi raaji’uun.

Pada akhirnya Rajal ini mati dibunuh oleh Zaid bin Khathab radhiallahu ‘anhu (kakak tertua Umar bin Khathab radhiallahu ‘anhu).

Kisah tentang Rajjal di atas banyak ditulis oleh para mu'arrikh (pakar sejarah Islam), diantaranya dipaparkan oleh Al Hafizh rahimahullah dalam Al Ishabah I: 375.

Jika orang sekelas murid Nabi, penghafal ayat Al-Quran, bahkan da'i di kalangan Shahabat saja masih bisa tersambar syubhat, maka betapakah lagi sekelas kita yang sekedar membaca Surah Al Fatihah pun bisa jadi masih belepotan. Karenanya, perhatikan betapa dahsyatnya api syubhat. Jangan kita coba mendekatinya, apalagi kita penuntut ilmu kelas pemula. Tinggalkan majelis ahlul bid’ah was syubuhaat sekarang juga.

Imam Adz-Dzahabi rahimahullah berkata:

يَرَوْنَ أَنَّ القُلُوْبَ ضَعِيْفَةٌ، وَالشُّبَهُ خَطَّافَةٌ

"Kebanyakan para Imam Salaf memandang bahwa hati itu lemah, sedangkan syubhat itu menyambar-nyambar". (Siyar A'lamin Nubala 7/261)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Betapa Dahsyatnya Api Syubhat"