Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekhawatiran Akan Ditolaknya Amal Kebaikan



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Imam Hasan Al Basri rahimahullah berkata:

ﻟﻘﺪ ﺃﺩﺭﻛﻨﺎ ﺃﻗﻮﺍﻣﺎ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻣﻦ ﺣﺴﻨﺎﺗﻬﻢ ﺃﻥ ﺗﺮﺩ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺃﺷﻔﻖ ﻣﻨﻜﻢ ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺌﺎﺗﻜﻢ ﺃﻥ ﺗﻌﺬﺑﻮﺍ ﻋﻠﻴﻬﺎ.

“Kami telah menjumpai beberapa kaum (Salaf) yang kekhawatiran akan ditolaknya amal kebajikan mereka lebih dahsyat dibandingkan ketakutan kalian terhadap adzab akibat atas dosa yang kalian perbuat". (Al Jaami’ li Ahkaamil Quran XII: 123)

Apa yang dilakukan oleh sebagian Salaf itu, didukung oleh hadits dari Aisyah radhiallahu ‘anha menceritakan:

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ (الَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا أَتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ).

"Aku pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (terkait dengan apa yang terdapat dalam QS. Al-Mu’minun: 60 berikut) “Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut“.

أَهُوَ الرَّجُلُ يَزْنِى وَيَسْرِقُ وَيَشْرَبُ الْخَمْرَ قَالَ لاَ يَا بِنْتَ أَبِى بَكْرٍ أَوْ لاَ يا بِنْتَ الصِّدِّيقِ وَلَكِنَّهُ الرَّجُلُ يَصُومُ وَيُصَلِّى وَيَتَصَدَّقُ وَهُوَ يَخَافُ أَنْ لا يُقْبَلَ مِنْهُ.

Apakah ayat itu ditujukan kepada pezina, pencuri, dan pemabuk? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: Tidak wahai putri Abu Bakar atau tidak wahai putri As Shiddiq. Akan tetapi ayat itu ditujukan kepada seseorang yang rajin berpuasa, shalat, bersedekah (namun dalam keadaan) mereka takut segala amal kebaikannya itu tidak diterima (oleh Allah)”. [HR. Ibnu Majah no. 3403, Ahmad no. 26453 dan lainnya. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih Ibnu Majah 3403: Hasan]

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Kekhawatiran Akan Ditolaknya Amal Kebaikan"