Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbangun Di Tengah Malam




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Apa yang kamu lakukan jika terbangun di malam hari agar meraih berbagai fadhilah?

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من تَعَارَّ من الليلِ فقال: لا إلهَ إلَّا اللهُ وحدَهُ لا شريكَ لهُ ، لهُ المُلْكُ ولهُ الحمدُ ، وهوَ على كلِّ شيٍء قديرٌ ، الحمدُ للهِ ، وسبحانَ اللهِ ، ولا إلهَ إلَّا اللهُ ، واللهُ أكبرُ ، ولا حولَ ولا قوةَ إلا باللهِ ،

“Siapa yang terbangun dari tidurnya pada malam hari, lantas membaca (doa berikut): “Laa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ‘alaa kulli syay-in qadiir, Alhamdulillah, wa subhanallah, wa laa ilaaha illallah, wallahu Akbar, wa laa hawla wa laa quwwata illaa billah” (Tiada ilah yang patut diibadahi dengan benar selain Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya-lah segala kerajaan/kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian dan Dia maha mampu atas segala sesuatu, segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah, tiada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah, Allah Maha Besar, dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).

ثم قال: اللهمَّ اغفرْ لي ، أو دعا ، استُجِيبَ لهُ ، فإن توضَّأَ وصلَّى قُبِلَتْ صلاتُهُ

Lantas dia berkata: “Allaahummaghfirlii“ (Ya Allah ampunilah (dosa-dosa)ku)“. Atau doa lain. (Niscaya) akan dikabulkan doanya. Lantas jika dia berwudhu lalu mendirikan shalat (malam), maka shalatnya tersebut akan diterima (di sisi Allah).” [HSR. Bukhari no. 1154 dan lain-lain].

Hadits di atas jelas menunjukkan seseorang yang terbangun dari tidurnya di malam hari maka sebelum dia melakukan aktifitas apapun hendaklah membaca dzikir di atas, kemudian diiringi permintaan ampunan dosa, dan boleh juga doa lainnya yang dia butuhkan. Sangat utama kalau lalu dia mengiringinya setelah itu dengan mengambil air wudhu dan lalu melanjutkannya dengan shalat malam.

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Terbangun Di Tengah Malam"