Apakah Thaha Dan Yasin Termasuk Nama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam?




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Kita tahu bahwa Thaha dan Yasin termasuk huruf muqatha’ah dalam Al-Quran. Kata Thaha tersebut pada QS. Thaha ayat 1, demikian pula Yasin tersebut, ada dalam QS. Yasin ayat 1.

Banyak manusia yang menyatakan bahwa Thaha dan Yasin termasuk salah satu diantara nama Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Apakah ini benar?

Lihat perkatan Syaikh Isma’il As Sarqawi berikut:

طه، يس، من الحروف المقطعة ولا يحل لمسلم أن يسمي النبي -صلى الله عليه وسلم- إلا بما سمَّى به نفسه أو سماه به ربه – سبحانه وقد قال -صلى الله عليه وسلم…

"Thaha dan Yasin termasuk huruf muqatha’ah. Tidak halal bagi seorang muslim untuk memberikan nama kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kecuali dengan nama yang beliau katakan sendiri atau yang disebutkan oleh Allah."

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda. (beliau lalu menyebutkan hadits tentang yang isinya beliau menyebut dirinya sebagai Ahmad, Muhammad dan sebagainya, sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas -pent.) Selanjutnya beliau berkata:

ألا فليحذر الكاذبون على رسول الله -صلى الله عليه وسلم- فهو القائل: (من يقل عليَّ ما لم أقل فليتبوأ مقعده من النار).

"Maka waspadalah mereka yang berdusta atas nama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa berkata atas namaku sesuatu yang tak pernah aku mengatakannya, bersedialah mengambil tempat duduknya di Neraka". [HSR. Bukhari no. 109] http://www.alukah.net/sharia/0/50154/

Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, wa shallallahu ‘alaa Muhammadin.

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Thaha Dan Yasin Termasuk Nama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel