Hukum Mengambil Atau Meletakkan Mushaf Al-Quran Dengan Tangan Kiri



Syaikh Al Utsaimin rahimahullah berkata:

الذي أرى أن من تمام تعظيم المصحف أن تتناوله بيدك اليمنى، وأن تضعه في مكانه بيدك اليمنى؛ لأن النبي ـ صلى الله عليه وعلى آله وسلم ـ كان يعجبه التيامن في جميع شؤونه؛ ولأنه أمر أن نأخذ بأيماننا ،وأن نعطي بأيماننا والعلماء ـ رحمهم الله ـ قالوا: اليسرى تقدم للأذى، واليمنى لما سواه، فالذي يريد أن يتناول شيئاً خبيثاً ،أو نجساً فباليسرى. وأما المصحف فلا شك أن من تعظيمه أن تتناوله باليمنى أخذاً ...

"Menurut hemat saya, sesungguhnya diantara kesempurnaan bentuk pengagungan terhadap Mushaf adalah hendaknya engkau mengambilnya dengan tangan kananmu, dan meletakkannya di tempatnya juga dengan tangan kananmu. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membiasakan dengan tangan kanan dalam segala urusan beliau. Beliau memerintahkan kita mengambil sesuatu dengan tangan kanan kita, dan memberi (juga) dengan tangan kanan kita".

Dan para Ulama -rahimahumullah- menegaskan: "Tangan kiri itu dipersiapkan untuk kotoran dan tangan kanan itu untuk selain itu. Maka barangsiapa yang ingin mengambil sesuatu yang kotor atau najis, gunakanlah tangan kiri. Adapun, Mushaf, maka tidak diragukan lagi bahwa termasuk pengagungan terhadapnya adalah engkau mengambilnya dengan tangan kanan..."

Sumber: http://mostadan.blogspot.com/2016/12/blog-post_7.html

Diterjemahkan oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

🔰 @Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram     : http://t.me/Manhaj_salaf1
📱 Whatshapp  : 089665842579
🌐 Web              : dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram    : bit.ly/ittibarasul1
🇫 Fanspage      : fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Hukum Mengambil Atau Meletakkan Mushaf Al-Quran Dengan Tangan Kiri"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel