Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Putus Segala Hal Yang Tidak Bisa Membuat Kita Istiqamah !




Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al Atsary hafidzhahullah

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, mengabarkan salah satu hamba-Nya yang shalih, Sulaiman alaihis sallam:

و وهبنا لداود سليمان نعم العيد انه اواب . إذ عرض عليه بالعشي الصافنات الجياد . فقال إنى أحببت حب الخير عن ذكر ربي حتى توارت بالحجاب . ردوها علي فطفق مسحا بالسق و الأعناق

"Dan kami anugerahkan kepada Dawud putranya, Sulaiman. Ia adalah sebaik-baik hamba, sesungguhnya ia adalah seorang yang awwab (berbakti kepada Rabb-Nya). Ketika di pertunjukan kepadanya (kuda) yang tenang dan berlari cepat (di waktu sore). Lalu ia berkata, sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap hal yang baik (kuda) sampai lupa mengingat Rabb ku, sampai mereka (kuda) berlalu dari pandangan. Bawalah kuda-kuda itu kembali kepadaku, lalu ia mengusap (memotong) kaki dan lehernya". (QS. Shaad: 30-33)

Ayat ini merupakan pujian terhadap Nabi yang shalih yakni Sulaiman bin Dawud alahimus sallam.

Allah Ta'ala menceritakan, bahwa Sulaiman memiliki kuda-kuda yang baik, yang di gunakan untuk berjihad. Kuda-kuda ini berjumlah ribuan ekor.

Di sebutkan, bahwa kesibukannya melihat penampilan kuda-kuda ini menyebabkan ia terluput dari shalat Ashar, yakni mendapatkan waktu akhir darinya.

Di sebutkan dari Hasan Al Basri rahimahullah, Sulaiman bin Dawud berkata: "Tidak, Demi Allah ! Jangan engkau sibukkan aku dengan mu dari Rabbku, ini kesempatan terakhir kalian (para kuda)". Kemudian beliau perintahkan agar kuda-kuda itu di sembelih".  (Lihat lebih jelas dalam tafsir Ibnu Katsir surah 38/30-33)

Di sebut dalam Musnad Ahmad:

إنك لا تدع شيا اتقاء الله الا اعطاك الله خير منه

"Bahwasanya tidaklah engkau tinggalkan sesuatu karena Allah, kecuali Allah gantikan untuk mu sesuatu yang lebih baik darinya".

Pelajaran apa yang dapat di ambil ?

Betapa banyak di antara kita, kaum muslimin hari ini. Tersibukkan diri dengan hal-hal mubah, hal-hal tidak berfidah, bahkan sia-sia. Sehingga dengan itu, terluput banyak kebaikan, dan tersia-siakan waktu.

Semua hal-hal itu melalaikan kita dari berdzikir kepada Rabb, terluputnya banyak ibadah dan kebaikan, serta menyia-nyiakan umur, serta terbengkalainya kewajiban-kewajiban.

Bila para Nabi, mereka memutus hal-hal yang menjadikan mereka lalai dari berdzikir dan ibadah, sementara hal-hal itu juga bagian dari kebaikan (contoh: seperti merawat dan melihat kuda yang di gunakan untuk berjihad) dan hal-hal mubah.

Lalu bagaimana dengan hari ini, di mana orang-orang tersibukkan diri dengan hal sia sia, makruh, dan bahkan haram ?

Maka, wahai saudaraku...
Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memberkahimu.

Putus semua hal yang akan melupakanmu dari Allah, berdzikir kepada-Nya, dan penyebab terjerumusnya dirimu pada hal sia-sia dan haram.

Kita tidak akan bisa kokoh dan Istiqamah, bila semua hal itu masih menyibukkan diri kita.

Baik HP dan permainan dan game-gamenya, pertemanan, pengangguran dalam waktu, kajian-kajian syubhat, perbincangan tanpa arah, perdebatan, dan segala warna warni dari hal hal makruh, haram, dan ketidak jelasan. Putus dan akhiri semua itu,

Semoga dengan itu, terwujud dalam dirimu dan diri kami, sabat dan Istiqamah.

Ya Allah anugerahkan kepada kami sabat dan Istiqamah, jauhkan dari kami hal-hal yang sia-sia dan kelalaian.

_______
Bada Shubuh, oleh yang butuh dan mengharapkan ampunan Rabb-Nya.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Putus Segala Hal Yang Tidak Bisa Membuat Kita Istiqamah !"