Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenikmatan Penghuni Surga Yang Terendah




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Surga memiliki beberapa tingkatan. Sekarang cukup kamu bayangkan gambaran Surga terendah saja sebagai motivasi kita untuk meraih Surga-Nya.

Baca hadits berikut, saat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan penghuni Neraka yang paling terakhir dikeluarkan dari Neraka dan dimasukkan ke Surga (terendah), maka disebutkan saat itu Allah Ta’ala akan bertanya kepada orang tersebut:

أَلَنْ تَرْضَى إِنْ أَعْطَيْتُكَ مِثْلَ الدُّنْيَا مُذْ يَوْمِ خَلَقْتُهَا إِلَى يَوْمِ أَفْنَيْتُهَا وَعَشَرَةَ أَضْعَافِهَا

“Apakah engkau ridha bila Aku anugerahkan untukmu (pada Surga terendah ini) semisal dunia sejak Aku mulai ciptakan hingga Aku hancurkan, dan bahkan (ditambah) 10x lipatnya!“. [HR. Ibnu Abid Dunya dalam Shifatul Jannah no.31. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahih At Targhib no.3591: “shahih“]

Tak cukup disitu, bahkan seorang Shahabat Nabi yang bernama ‘Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhu menegaskan:

إِنَّ أَدْنَى أَهْلِ الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً مَنْ يَسْعَى عَلَيْهِ أَلْفُ خَادِمٍ كُلُّ خَادِمٍ عَلَى عَمَلٍ لَيْسَ عَلَيْهِ صَاحِبُهُ

"Sesungguhnya penghuni Surga yang paling bawah adalah seseorang yang memiliki 1000 pelayan yang selalu siap melayaninya. Setiap pelayan memiliki tugas yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya". [HR. Baihaqi dan dishahihkan Al Albani rahimahullah dalam Shahih At Targhib no.3705].

Walau diatas adalah perkataan seorang Shahabat (Mauquf), tetapi karena ini menyangkut perkara ghaib, tak mungkin Shahabat menyatakannya dari sisi Ijtihad. Maka hadits Mauquf diatas tetap dihukumkan Marfu' (bersambung pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam), sebagaimana hal ini telah banyak dijelaskan oleh para ahli hadits.

Bahkan dalam hadits lainnya yang dinyatakan shahih oleh Al Albani rahimahullah dalam Shahih At Targhib no.3591 disebutkan bahwa untuk penghuni Surga terendah itu akan mendapatkan diantaranya:

• Masuk istana Surga-Nya berupa permata yang berwarna hijau kemerah-merahan yang tinggi bangunannya 70 hasta (sekitar 32 meter) serta memiliki 60 pintu.
• Setiap pintunya menghantarkan ia pada ruangan berpermata yang lainnya namun bentuk berbeda antara satu dengan yang lainnya.
• Setiap ruangan itu akan selalu ada ranjang dan bidadari

MasyaAllah, jika ini adalah kelas Surga terendah, maka bagaimana dengan Surga tertingginya ?

Kita memohon kepada Allah agar sudihlah menempatkan kita semua dalam Surga-Nya yang tertinggi. Aamiin.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Kenikmatan Penghuni Surga Yang Terendah"