Benarkah Virus Corona Adalah Konspirasi Yahudi, Illuminati Atau Buatan Dajjal ?




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Ada sebagian orang yang bahkan telah diustadzkan oleh  sebagian manusia, ternyata mereka telah menempuh manhaj Ufo/Alien. Cirinya mereka ini suka sekali menghubungkan hadits-hadits yang menceritakan tentang musibah besar atau kasus besar yang akan menimpa ummat, lalu hampir pasti selalu di kait-kaitkan dengan dekatnya kiamat, dekatnya dajjal, konspirasi Yahudi, illuminati dan sebagainya.

Mulailah mereka ini merekayasa dalil dan memperkosa dalil dengan di hubungkan daya imajinasi/khayalan mereka sendiri -yang bisa jadi mereka ini terlalu terobsesi dengan bacaan fiksi modern-, dengan tidak merujuk pada pemahaman Salafush Shalih. Penafsiran mereka bahkan sampai pada menyeret mereka kepada perkara ghaib tanpa hujjah yang jelas.

Belakangan ini sejak wabah virus corona mendunia dan begitu viral, da’i-da'i model demikian semakin bermunculan. Ada yang otak-atik ayat Qur’an untuk dipas-paskan dengan wabah corona (cocoklogi). Ada yang mencoba merumuskan pencarian obat bagi virus corona dengan imaginasi rekaya otak mereka lalu dihubungkan dengan sekan datang dari agama ini, dan dengan menghubungkan ayat atau hadits tertentu yang tidak jelas dari sumber pengambilannya. Terakhir ini yang cukup ramai menghubungkan virus corona dengan illuminati, konspirasi Yahudi, dajjal, dan semakna itu.

Ana sengaja menyebut cara beragama semacam ini sebagai  bermanhaj Ufo/Alien karena ini persis seperti dalam cerita fiksi modern yang suka sekali mengubungkan sesuatu dengan hal semacam ini.

Sesungguhnya imajinasi liar mereka yang demikian dikarenakan mereka tidak pernah utuh mengkaji nash-nash yang shahih yang berbicara bab ini serta penjelasan para Ulama sunnah. Makanya mereka lebih suka mena'wil nash-nash yang mereka ketahui itu dengan ta'wil yang berbau fiksi.

Berikut ana akan tulis suatu bantahan atas adanya ceramah serta tulisan yang tersebar juga di medsos, yang menyatakan bahwa wabah corona ini sebagai konspirasi Yahudi, illuminati, buatan dajjal, dan yang semakna dengan ini dalam sub judul di bawah,

Bantahan Yang Menanggap Wabah Corona Adalah Konspirasi Yahudi/Illuminati atau Buatan Dajjal


Beberapa dalil yang jelas menunjukkan bahwa virus menular termasuk corona adalah takdir kauniyyah Allah yang tidak ada hubungannya dengan illuminati, dajjal dan sebagainya.

Pertama, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ هَذَا الْوَجَعَ أَوْ السَّقَمَ رِجْزٌ عُذِّبَ بِهِ بَعْضُ الْأُمَمِ قَبْلَكُمْ ثُمَّ بَقِيَ بَعْدُ بِالْأَرْضِ فَيَذْهَبُ الْمَرَّةَ وَيَأْتِي الْأُخْرَى…

"Wabah penyakit ini adalah sebuah adzab* yang dengannya Allah telah membinasakan sebagian ummat sebelum kalian, dan sisanya masih ada di  muka bumi, dimana ia terkadang datang dan terkadang pergi.." [HSR. Bukhari 6974 dan Muslim 2218]

Hadits di atas banyak memberikan kepada kita faidah dan informasi.

Faidah Dari Hadits Di Atas


1. Perkataan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّ هَذَا الْوَجَعَ أَوْ السَّقَمَ رِجْزٌ

"Wabah penyakit ini adalah sebuah adzab".

Ini menunjukkan bahwa wabah penyakit menular itu (tentu termasuk corona atau apapun) awalnya adzab Allah. Jadi tidak ada hubungannya dengan konspirasi Yahudi, illuminati, dajjal, dan sebagainya, seperti sering disampaikan ustadz yang hoby otak-atik nash dengan logikanya sendiri.

2. Perkataan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

عُذِّبَ بِهِ بَعْضُ الْأُمَمِ قَبْلَكُمْ ثُمَّ بَقِيَ بَعْدُ بِالْأَرْضِ

"Yang dengannya Allah telah membinasakn sebagian ummat sebelum kalian (ummat terdahulu) dan sisanya masih ada di muka bumi".

Ini menunjukkan bahwa pada dasarnya wabah penyakit menular -termasuk corona tentunya- bukan baru muncul di zaman kita ini. Bahkan munculnya telah lama, yakni pada zaman di adzabnya ummmat terdahulu dengan wabah penyakit menular. Bahkan zaman kita ini sebetapapun kuatnya wabah penyakit menular, pada dasarnya hanyalah sisa adzab dari orang terdahulu.

Andaikata wabah ini dianggap illuminati, konspirasi Yahudi, datang dari dajjal, dan sebagainya, maka mengapa ribuan atau mungkin jutaan tahun lampau saat wabah ini pertama menimpa ummat yang Allah adzab tidak disebut juga sebagai konspirasi Yahudi, illuminati atau buatan dajjal ??!!

Andai khayalan mereka ini benar, sudah tentu Ulama kita ribuan tahun lampau juga telah ada yang menghubungkan virus penyakit menular ini dengan apa yang dikhayalkan oleh da'i bwrmanhaj Ufo/Alien tersebut. Nyatanya -sependek yang ana ketahui-, tidak ada satupun Ulama Ahlus Sunnah yang melakukan pena'wilan liar atas musibah penyakit menular ini, dengan apa yang seperti dikahayalkan ahli syubhat tersebut. Dengan demikian, sebenaranya tidak ada hubungannya wabah penyakit menular dengan apa yang dikayalkan mereka itu.

3. Perkataan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

فَيَذْهَبُ الْمَرَّةَ وَيَأْتِي الْأُخْرَى

"Wabah penyakit menular ini, sesekali akan datang dan sesekali pergi.."

Ini menunjukkan adanya wabah penyakit menular apapun dari zaman dahulu sampai kiamat adalah faktor kauniyyah yang telah Allah tetapkan, tak ada urusannya dengan konspirasi ini dan itu. Tak ada urusannya dengan perang bintang, Armagedon, dan sebagainya. Bahkan ini semua adalah peringatan dan ibrah dari Allah buat seluruh manusia akan kekuasaan-Nya.

Kedua, kebathilan mereka yang mena’wikan berlebihan sebuah penyakit menular sebagai illuminiati atau konspirasi Yahudi atau buatan Dajjal dan sebagainya, di samping bisa melihat penjelasan yang ana sampaikan di atas, juga akan semakin jelas dengan melihat hadits di bawah:

غَطُّوا الْإِنَاءَ وَأَوْكُوا السِّقَاءَ فَإِنَّ فِي السَّنَةِ لَيْلَةً يَنْزِلُ فِيهَا وَبَاءٌ لَا يَمُرُّ بِإِنَاءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ غِطَاءٌ أَوْ سِقَاءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ وِكَاءٌ إِلَّا نَزَلَ فِيهِ مِنْ ذَلِكَ الْوَبَاءِ

“Tutuplah bejana-bejana, dan ikatlah tempat-tempat minuman, karena di suatu malam pada tiap tahunnya akan ada wabah penyakit menular yang (penyebarannya) akan jatuh ke dalam bejana dan ketempat-tempat air yang tidak tertutup”. [HSR. Muslim 3758]

Hadits di atas juga jelas menunjukkan bahwa wabah penyakit menular adalah ketetapan Allah yang akan berlangsung tiap tahun -walau skala dan tingkat bahayanya bisa jadi berbeda-beda tiap tahunnya-, namun tak ada sangku pautnya dengan konspirasi Yahudi, illuminati, dajjal, atau apalah yang sok tafsir modern ala akal sendiri.

Ketiga, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam telah dengan spesifik merinci tanda-tanda datangnya hari kiamat atau perkara yang akan terjadi di masa mendatang pada hadits-hadits shahih yang telah dimuat Ulama bahkan dalam kitab-kitab khusus.

Bahkan terkait dengan dajjal, dimana dajjal akan turun, apa ciri dajjal, apa yang akan dilakukan dajjal, sampai kisah terbunuhnya sajjal, sangat lengkap dan spesifik disebutkan oleh Nabi kita shallallahi 'alaihi wa sallam dalam hadits-hadits shahih. Ulama pun tak terhitung yang telah mengulasnya.

Namun -sekali lagi sependek pengetahuan ana- tidak ada satupun hadits atau penjelasan Ulama yang lalu menghubung-hubungkan wabah penyakit menular ini dengan dajjal dan sebagainya, padahal hadits tentang wabah penyakit menular dan hadits tentang dajjal ini tentu dari dahulu pun sudah ada.

Andai penafsiran mereka ini shahih, sudah pasti akan ada Ulama terdahulu yang telah menyatakannya. Tidak mungkin ini semua luput dari pembahasan mereka, semuanya secara ijma', sementara baru diketahui oleh ustadz zaman now. Mustahil  !

Sebenarnya ana ingin memambahkan lagi dalil penguat lainnya yang menunjukkan bathilnya ta’wil mereka yang menghubungkan wabah penyakit menular dengan seperti apa yang mereka asumsikan itu. Namun mengingat khawatir terlalu panjang dan juga sedikitnya waktu luang ana menulisnya, maka sementara apa yang ana tulis di atas semoga cukup untuk memberi jawabannya.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Virus Corona Adalah Konspirasi Yahudi, Illuminati Atau Buatan Dajjal ?"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel