Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diantara Sunnah Sebelum Tidur




Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Barra bin 'Azib radhiallahu ‘anhu menceritakan bahwa Rasulullh shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memberi nasihat kepada seorang Shahabatnya, beliau bersabda:

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ

"Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti wudhumu ketika hendak shalat, lantas berbaringlah menyampingkan tubuhmu ke arah kanan,

Lantas bacalah (do’a berikut):

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيَ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ

Allahumma aslamtu nafsii ilaik, wa fawwadh-tu amrii ilaik, wa wajjahtu wajhiya ilaik, wa alja’tu zhohrii ilaik, rogh-batan wa rohbatan ilaik, laa malja-a wa laa manjaa minka illa ilaik. Aamantu bikitaabikalladzi anzalta wa bi nabiyyikalladzi arsalta.

Artinya: “Ya Allah, aku pasrahkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan perasaan senang dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari siksa-Mu melainkan kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan dan kepada Nabi-Mu yang Engkau utus".

فَإِنْ مُتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ فَأَنْتَ عَلَى الْفِطْرَةِ ، وَاجْعَلْهُنَّ آخِرَ مَا تَتَكَلَّمُ بِهِ

Jika saja engkau meninggal malam itu, maka kami mati di atas fitrah. Dan jadikanlah (do’a di atas) sebagai akhir dari ucapanmu". [HSR. Bukhari no.6313 dan Muslim no.2710 dan lain-lain]

Dari hadits di atas dapat kita mengambil kesimpulan sebagai berikut:

Disunnahkan bagi orang yang akan tidur untuk,

1) Berwudhu.
2) Posisi tubuh miring ke arah kanan.
3) Membaca salah satunya do’a di atas.

Fadhilahnya jika kita melakukan semua hal tersebut dan kita mati di malam itu, maka Insya Allah kita mati di atas Fithrah.

Semoga Allah wafatkan kita semua di atas fithrah, Aamiin.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
Youtube: http://youtube.com/ManhajSalafTV
Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
Web: dakwahmanhajsalaf.com
Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Diantara Sunnah Sebelum Tidur"