Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran (Bagian 1)




Lalu beliau (Syaikh Hamd bin Ibrahim Al Utsman) menyebutkan penghalang-penghalang seseorang untuk menerima kebenaran:

Pertama, Al-Jahl atau kebodohan.

Beliau (Syaikh Hamd bin Ibrahim Al Utsman) berkata: "Kebenaran itu jelas sekali".

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الْحَلَالُ بَيِّنٌ وَالْحَرَامُ بَيِّنٌ وبَينَهُما أُمُورٌ مُشتَبهاتٌ

"Yang halal sudah jelas, yang haram juga sudah jelas. Diantara keduanya ada perkara yang samar".

Maka dari itu, kata beliau: "Kebathilan itu biasanya laris di pasar kebodohan, laris di tengah orang-orang yang tidak punya ilmu, tidak pula (punya) pengetahuan, tidak pula memperhatikan nash-nash Al-Qur'an dan Sunnah, dan perkataan para Shahabat dan tabi’in".

Imam Ahmad rahimahullah berkata sebagaimana dalam kitab I’lamul Muwaqqi’in 1/44:

إِنَّمَا جَاءَ خِلَافُ مَنْ خَالَفَ لِقِلَّةِ مَعْرِفَتِهِمْ بِمَا جَاءَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

"Sesungguhnya adanya penyelisihan, orang-orang yang menyelisihi itu akibat sedikitnya pengetahuan dia terhadap apa yang dibawa oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam".

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rohimahullah berkata dalam Majmu’ Fataawa 27/315-316: “Kebenaran itu bisa diketahui oleh setiap orang, karena kebenaran yang diutus oleh Allah (para Rasul dengan membawanya) tidak akan tertukar dengan yang lainnya bagi orang yang mengetahui, sebagaimana tidak akan tertukar antara emas yang murni dengan emas yang palsu bagi orang yang faham".

Berarti kewajiban orang yang bodoh adalah menuntut ilmu agar ia mau menerima kebenaran dan mengetahuinya. Tapi kebodohan itu selamanya menyebabkan ia terhalang dari kebenaran.

Imam Asy-Syaukani rahimahullah berkata: "Kecondongan kepada pendapat-pendapat yang bathil itu bukanlah perbuatan orang-orang yang berilmu, yang mempunyai kekuatan pengetahuan dan kesempurnaan pemahaman. Akan tetapi itu adalah menimpa orang-orang yang tidak punya ilmu yang kokoh, tidak pula pengetahuan yang bermanfaat".

Berkata Syaikh Abdurrahman As-Sa’adi rahimahullah: "Siapa diantara mereka yang ridha dengan kebid’ahannya, berpaling dari mencari dalil-dalil syari’at dan berpaling dari apa yang wajib baginya berupa ilmu yang bisa membedakan antara yang haq dan yang bathil. Bahkan dia malah menolak apa yang di bawa oleh Al-Qur’an dan Hadits di sertai dengan kebodohan dan kesesatannya. Maka orang seperti ini zhalim, karena dia telah menolak kebenaran".

Syaikh Utsaimin rahimahullah berkata: "Terkadang orang yang bodoh itu tidak diberikan maaf (udzur) apabila ia mampu untuk menuntut ilmu, tapi ia tidak mau melakukannya. Maka orang yang mampu untuk menuntut ilmu, wasilah untuk menuntut ilmu juga mudah, tapi ia malah berpaling dari menuntut ilmu yang seperti ini, kata beliau, tidak diberikan udzur karena kebodohannya, karena ia menganggap remeh masalah menuntut ilmu. Beda dengan orang yang bodoh, berada di suatu tempat yang memang tersebar kebodohan, jarang Ulama, dan susah ilmu disana. Maka yang seperti ini tentu diberikan udzur".

Yang jelas bahwa kebodohan menyebabkan seseorang itu terhalang untuk mengikuti kebenaran, dan kebodohan menyebabkan seseorang itu condong kepada kebathilan.

Betapa banyak kebid’ahan yang diterima akibat kebodohan, larisnya Syi’ah, Khawarij, pemikiran-pemikiran Murji’ah. Itu semua akibat daripada kebodohan. Demikan pula larisnya Kristenisasi, itupun juga akibat dari kebodohan disertai lemahnya iman. Kebodohan itu musuh yang harus kita enyahkan dari diri kita sendiri. Wallahu A’lam.

Dari kitab yang berjudul “Showarif ‘Anil Haq“, tentang Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran, ditulis oleh Syaikh Hamd bin Ibrahim Al Utsman hafidzhahullah

✍🏻 Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc. hafidzhahullah

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Hal-Hal Yang Bisa Memalingkan Seseorang Dari Kebenaran (Bagian 1)"