Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbuka Puasa Dengan Kurma, Haruskah Berjumlah Ganjil ?




Oleh Syaikh Shalih Al-Utsaimin rahimahullah

السُّـــــــؤَالُ: سمعت أن الصائم عند إفطاره يجب أن يفطر على عدد فردي من التمر أي خمس أو سبع تمرات وهكذا، فهل هذا واجب؟

Pertanyaan: Saya pernah mendengar, kalau orang yang berpuasa ketika berbuka wajib mengkonsumsi kurma dengan bilangan ganjil, yakni lima, tujuh butir demikian. Apakah ini wajib?

الجَــــــوَابُ: ليس بواجب بل ولا سنة أن يفطر الإنسان على وتر، ثلاث أو خمس أو سبع أو تسع، إلا يوم العيد عيد الفطر، فقد ثبت أن النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم كان لا يغدو للصلاة يوم عيد الفطر حتى يأكل تمرات، ويأكلهن وتراً وما سوى ذلك فإن النبي صلى الله عليه وسلم لم يكن يتقصد أن يكون أكله التمر وتراً. انتهى من "فتاوى نور على الدرب (11/ 2)" بترقيم الشاملة.

Jawaban: “Bukanlah termasuk kewajiban, bahkan bukan pula termasuk sunnah seseorang berbuka puasa dengan jumlah (kurma) ganjil tiga, lima, tujuh, atau sembilan, kecuali pada hari raya idul fithri, maka hal ini telah ditetapkan riwayatnya bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak beranjak menuju tempat shalat pada hari raya idul fithri sampai beliau memakan beberapa butir kurma dengan jumlah yang ganjil. Adapun selain dari itu maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah bermaksud memakan kurma dengan jumlah yang ganjil". (Fatawa Nur ‘Ala Darb li Syaikh Al ‘Utsaimin rahimahullah XI:2)

Dialihbahasakan oleh: Ustadz Berik Said hafidzhahullah

🔰 Manhaj_salaf1

•┈┈•••○○❁🌻💠🌻❁○○•••┈┈•

Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

📮 Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1
🎥 Youtube: http://youtube.com/ittibarasul1
📱 Group WhatsApp: wa.me/62895383230460
📧 Twitter: http://twitter.com/ittibarasul1
🌐 Web: dakwahmanhajsalaf.com
📷 Instagram: http://Instagram.com/ittibarasul1
🇫 Facebook: http://fb.me/ittibarasul1

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Berbuka Puasa Dengan Kurma, Haruskah Berjumlah Ganjil ?"