Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Menyembelih Hewan Qurban






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Berikut beberapa doa yang dibaca Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam saat akan menyembelih hewan qurbannya sendiri.

1) Hadits dari Aisyah radhiallahu 'anha:

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

"Bismillah. Ya Allah, terimalah qurban ini dari keluarga Muhammad, dan umat Muhammad shallallahu alaihi wa sallam". [HSR. Muslim no.1967]

Di ujung doa menyembelih hewan qurban di atas, ada redaksi wamin ummati Muhammadin (dan untuk ummat Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam). Maka, ujung redaksi doa menyembelih qurban di atas hanya berlaku untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam saja. Dikarenakan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah Ayah bagi seluruh kaum muslimin, dan istri-istri beliau adalah Ibu bagi seluruh kaum muslimin. Adapun selain Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak bisa meniatkan qurbannya untuk seluruh kaum muslimin. (Demikian ditegaskan oleh Al Qadhi Abu Ishaq rahimahullah dalam Al-Muntaqa Syarah al Muwatha III:113)

Karena itu, jika seseorang menyembelih hewan qurbannya dengan tangannya sendiri, tidak menyuruh tukang jagal* yang menyembelihnya, misal orang yang bernama Nurdin ingin berqurban dengan menyembelih hewan qurbannya lewat tangannya sendiri, maka ia saat menyembelih hewan qurbannya itu mengucapkan, "Bismillahi Allahumma taqabbal min Nurdin wa ali Nurdin". Sudah sampai di situ saja redaksinya.

2) Boleh pula setelah lafazh Bismillah kemudian diiringi dengan membaca takbir Allahu Akbar.

Jadi lengkapnya "Bismillahi Allaahu Akbar", baru diteruskan dengan doa sebagaimana yang terdapat pada cara pertama di atas, yakni Allahumma taqabbal min dan seterusnya.

Dalilnya adalah sebagai berikut, dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu saat menceritakan bagaimana proses Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyembelih hewan qurbannya, maka diantaranya beliau menceritakan:

يُسَمِّي وَيُكَبِّرُ فَذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ

"Beliau mengucapkan Bismillah dan bertakbir, lalu beliau menyembelih hewan qurban itu dengan tangan beliau sendiri". [HSR. Bukhari no.5558]

Ringkasnya, jika seseorang akan menyembelih hewan qurbannya dengan tangannya sendiri, tidak lewat tukang jagal, maka dia saat akan menyembelih hewan qurban tersebut mengucapkan "Bismillah atau Bismillaahi Allaahu Akbar", lalu lanjutkan dengan mengucapkan (contohnya jika yang berqurban bernama Nurdin): "Bismillahi Allahumma taqabbal min Nurdin wa ali Nurdin" atau "Bismillah Allaahu Akbar Allaahumma taqabbal min Nurdin wa ali Nurdin". Boleh pula redaksinya dengan "Allahumma taqabbal minni wa ahli" (Ya Allah terimalah qurban dariku dan keluargaku).

Dalam cara ini orang yang berqurban tidak menyebut nama langsung dirinya, tetapi dengan redaksi minni (dariku) wa ahli (dan keluargaku) atau "Bismillahi Allahu Akbar, Allahumma taqabbal minni wa ahli". Semua redaksi di atas shahih untuk digunakan dan silahkan pilih mana yang paling dianggap mudah.

Sementara bila yang menyembelih hewan qurban itu bukan dirinya sendiri, tetapi tukang jagal yang menyembelih hewan qurbannya, atau kita menyembelihkan hewan qurban punya orang lain, maka setelah membaca tasmiyah dan takbir, dibolehkan bahkan di sunnahkan menyebut nama orang yang berqurbannya, misal dengan berkata Haadzaa min (Sebutkan nama orang yang berqurbannya).

Jadi, si tukang jagal atau orang yang menyembelihkan hewan qurban milik orang lain, saat menyembelih qurban selengkapnya membaca sebagai berikut, Bismillahi Allaahu Akbar, haadzaa min (ini adalah kurban dari) sebutkan nama orang yang berqurbannya, wa ali (dan keluarganya), sebutkan lagi nama orang yang qurban tadi.

Bacaan Bismillah saat akan menyembelih qurban ini tidak disunnahkan memanjangkan dengan lafazh Ar Rahmaniir Rahim. Jadi, cukup Bismillah saja, lalu lanjutkan dengan takbir dan seterusnya sebagaimana yang baru saya jelaskan di atas.

Adapun, membaca shalawat atas Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam saat menyembelih hewan qurban atau hewan bukan qurban sekalipun, maka itu termasuk bid’ah yang harus dijauhi.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Doa Menyembelih Hewan Qurban"