Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kajian Kitab Dan Syarah Syamail Muhammadiyah





Oleh Ustadz Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al-Atsary hafidzhahullah

Bab: Muqadimah.


Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ادبني ربي فاحسن تاديبي

"Rabb-ku telah mengajariku adab dan telah menjadikan budi pekerti ku baik".

Ilmu hadits adalah ilmu yang sangat berkah, ilmu yang paling afdhal dan paling memberi manfaat dunia maupun akhirat.

Kami persembahkan tulisan berupa Syarah dari kitab yang sangat bermanfaat ini dari tulisan Ulama ahli hadits, yaitu Imam Al-Hafid Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah At-Tirmidzi rahimahullah. Beliau membagi kitabnya dalam 55 bab dan memuat 397 hadits tentang kepribadian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Dalam tulisan Syarah singkat kitab ini, saya berpedoman pada Syarah Imam Ali Al-Qari' dan Imam Al-Munawi rahimahumullah.

Semoga yang sedikit dari tulisan ini dapat menggambarkan sosok Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, meskipun penggambaran itu jauh dari sempurna.

Biografi Singkat Imam Tirmidzi


Beliau adalah Muhammad Abu Isa bin Isa bin Saurah bin Musa bin Dhahak As-Sulami. Beliau dilahirkan tahun 209 H, wafat tahun 279 H dalam usia 70 Tahun. Beliau lahir di desa Bugh dan menetap di Tirmidz sehingga beliau di panggil dengan nama itu.

Sebagian ahli bahasa ada yang menyebutkan ترمد dengan Tirmidzi, ada yang menyebutkan Turmudzi, dan juga Tarmidzi. Nama sebuah kota di tepi sungai Balkh. Di masa keemasan ilmu hadits.

Diantara guru beliau adalah Imam Bukhari, qutaibah, Ibrahim Al-Harawi juga As-Suddi. Guru terbesar beliau adalah Al-Bukhari dan beliau termasuk Rawinya.

Beliau memiliki gangguan pengelihatan dan pada akhirnya mengalami buta.

Diantara karya tulisnya adalah Sunan atau Al-Jami', Tawariikh dan Al-Ilal. Tulisannya membuktikan beliau adalah seorang yang berpengetahuan luas.

Adz-Dzahabi memuji beliau: "Tirmidzi adalah hafidzul ilmi, penyusun kitab Jami' dan dipercaya riwayatnya oleh Ijma' ahli ilmu".

Disebutkan oleh Hakim bin Ahmad: "Setelah Bukhari meninggal, tidak ada lagi orang yang ia tinggalkan di wilayah Khurasan yang semisal Abu Isa (Tirmidzi)".

Dalam kitab At-Tahdzib di sebutkan, Bukhari berkata kepada Tirmidzi: "Sesungguhnya manfaat yang engkau ambil dari dirimu sendiri lebih banyak dari manfaat yang engkau dapat dari diriku".

Wahai Rasul pemurah. Alangkah bagusnya kitab Syamail. Membaca riwayat-riwayat ini, terbayang akan dirinya (Rasulullah). Bagai dahan yang tertiup angin.

Syarah Singkat


Kami (Abu Abd rahman) katakan: Ahli hadits adalah Firqatun Najiyah, mereka adalah satu kaum yang membela Islam dari segala penyimpangan. Maka, ilmu ini adalah ilmu yang sangat mulia, mempelajarinya adalah keutamaan dan sibuk dengannya adalah keuntungan dan ghanimah.

Kesempurnaan Islam seorang hamba dengan ia menggabungkan pada dirinya, aqidah yang selamat (yakni aqidah Salaf), ibadah yang berdasarkan dalil dan adab serta akhlak yang mulia.

Apa perbedaan adab dengan akhlak ?

Adab adalah terkait sikap seorang muslim dengan dirinya. Sedangkan akhlak adalah sikap seorang muslim kepada orang lain. Inilah kesempurnaan Islam dan keistimewaannya, mencakup semua sisi kehidupan, tidak ada satupun sisi, kecuali ia menatanya, demikian kehidupan seorang muslim senantiasa terarah dengan bimbingan syar'i.

Bahwa ilmu sangat membutuhkan adab, dalam makna, seseorang sebelum melihat aqidahnya seorang muslim, ia melihat interaksi dan akhlaknya, maka lurusnya aqidah Salaf yang ia pegang wajib diimbangi dengan kebaikan akhlak, karena beban syariat ini sangat berat bagi jiwa untuk menerimanya, maka bantu ia dengan adab dan akhlak yang baik, terkhusus bagi penuntut ilmu dan da'i.

Wajib seorang muslim menuntut ilmu agar terhindar dari kebodohan. Ilmu itu adalah Firman Allah, sabda-sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan ucapan para Shahabat.

Seorang muslim yang Salafi tidak hanya lurus aqidahnya, namun ia juga harus berusaha untuk menyempurnakan diri dengan menghiasi amal nyata dan akhlaknya. Dan ilmu bagi seorang Salafi bukan hanya sekedar tahdzir terhadap ahli bid'ah, namun juga bagaimana ia bisa bertutur kata yang baik di depan manusia terutama Ulama. Ibadah di waktu malamnya dan berinteraksi dengan manusia sebaik mungkin.

Bagi jiwa, tamasya mereka yang terbaik adalah membaca kisah Ulama-Ulama terdahulu, baik dalam aqidah, ibadah dan ilmunya. Kita melihat bahwa keterbatasan (baik fisik, sarana dan juga kesempatan) tidak menjadikan mereka putus dalam belajar. Sebagaimana Imam Tirmidzi, beliau cacat fisik berupa buta, namun hal itu tidak menghalanginya untuk menuntut ilmu, berkarya dan berdakwah.

Di zaman ini yang belum terlalu jauh, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin baaz rahimahullah, beliau dalam keterbatasan fisik tidak menghalanginya untuk menghafalkan Al-Qur'an dan kitab-kitab, juga menulis. Lalu bagaimana dengan kita, yang semua sarana terpenuhi ? Kemudian ia tidak memanfaatkan untuk belajar !.

Mengetahui dasar-dasar agama bukan dengan belajar filsafat, atau adat, atau mengumpulkan ucapan-ucapan manusia. Namun, bagaimana kita berinteraksi dengan baik dengan dua sumber, yaitu Al-Qur'an dan Sunnah. Di sana mata air yang tiada habis dan tuntunan yang tiada menyesatkan.

Sebelum kami tutup muqadimah ini. Harapan kami, setelah anda nantinya membaca bab demi bab dari kitab ini, muncul gambaran karakteristik sifat-sifat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan kita setelah itu berupaya untuk meneladani. Kemudian bertambah semangat kita untuk terus memperbaiki diri dan mencocokkannya dengan sunnah yang suci.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan keberkahan umur dan manfaatnya ilmu kepada kita semua.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

Sumber: Kitab Asy-Syamail Al-Muhammadiyah (Sifat dan Akhlak yang dimiliki Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam), karya Muhammad bin Isa bin Saurah At-Tirmidzi rahimahullah.

____
Di tulis di Sidoarjo, saat sepertiga akhir dari malam, saat Nuzulnya Rabb semesta alam. Oleh yang butuh dan mengharapkan ampunan Rabb-nya.

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Kajian Kitab Dan Syarah Syamail Muhammadiyah"