Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Mustajab Untuk Berdoa Di Hari Jumat

 



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً ، لَا يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ شَيْئًا إِلَّا آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

"Dalam dua belas jam di hari Jumat ada satu waktu yang bila seorang muslim memohon sesuatu kepada Allah pasti akan di kabulkan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah Ashar". [HR. Abu Daud 1048. Kata Al-Albani rahimahullah dalam Shahih At-Targhib 703, Shahih]

Salah satu pengertian penghujung hari setelah Ashar itu adalah mendekati Maghrib dan ini dianggap sebagai waktu terbaik mustajabnya doa, sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Shalih Al-Munajjid hafizhahullah. (Lihat Fatwa Sual wal Jawab no.112165)

Waktu mustajab ini berlaku pula bagi wanita yang shalat di rumahnya, sebagaimana  dikatakan oleh Syaikh bin Baaz rahimahullah saat menjelaskan keutaamaan berdoa menjelang Maghrib di hari Jumat itu, diantaranya beliau berkata:

أو المرأة في بيتها كذلك تجلس تنتظر صلاة المغرب في مصلاها

"Atau demikian pula bagi wanita  di rumahnya yang menunggu datangnya waktu shalat Maghrib di tempat shalat di rumahnya". (Majmu Fatawa bin Baz XXX:270)

Ia dapat memanfaatkan waktu mustajab ini, yakni dengan berdoa menjelang datangnya waktu Maghrib di hari Jumat.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.


Posting Komentar untuk "Waktu Mustajab Untuk Berdoa Di Hari Jumat"