Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahayanya Bersumpah Dengan Nama Selain Allah

 



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Ana masih sering mendapati saudara kita yang saat bersumpah di samping membawa nama Allah dia juga membawa nama Rasul, seperti dengan berkata, "Demi Allah, Demi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam". Sumpah ini mengandung kesyirikan, karena menggandengkan nama Rasulullah dengan nama Allah.

Ingat, menjadikan nama makhluk Allah betapapun agung kedudukannya sebagai sumpah, baik itu para Malaikat, Nabi, apalagi yang derajatnya di bawah mereka, maka kesemuanya itu adalah syirik dan haram.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

 مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللَّهِ فَقَدْ أَشْرَكَ

"Barangsiapa yang bersumpah dengan selain Allah, maka dia telah melakukan kesyirikan". [HR. Abu Dawud no.3251. Kata Syu’aib Al-Arna’uth rahimahullah dalam Takhrij Riyadhus Shalihin 1711, shahih]

Selain nama Allah berarti mancakup umum termasuk nama Malaikat dan Nabi sebagaimana dijelaskan para Ulama dan sumpah lainnya, semisal demi Rasulullah, demi Ka'bah, demi Masjidil Haram, demi Hidupmu.

Syaikh Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata: "Bersumpah dengan selain Allah adalah syirik besar, jika orang yang bersumpah itu berkeyakinan bahwa yang dijadikan untuk bersumpah itu sama dengan Allah dalam pengagungan dan keagungan. Jika tidak, maka itu termasuk syirik kecil". (Al-Qaulul Mufid 2/325, penerbit  Darul Ashimah)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda:

أَلاَ إِنَّ اللَّهَ يَنْهَاكُمْ أَنْ تَحْلِفُوا بِآبَائِكُمْ ، فَمَنْ كَانَ حَالِفًا فَلْيَحْلِفْ بِاللَّهِ ، وَإِلاَّ فَلْيَصْمُتْ

"Ingatlah sesungguhnya Allah melarang kalian untuk bersumpah dengan menyebut nama bapak-bapak kalian. Barangsiapa yang bersumpah, maka bersumpahlah dengan nama Allah atau hendaknya ia diam". [HR Bukhari no.6646]

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Bahayanya Bersumpah Dengan Nama Selain Allah"