Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantahan Syubhat Atas Pernyataan Idrus Ramli (Bagian 1)

 





Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Membungkam mulut beracun Idrus Ramli sang pemfitnah dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dan pembenci dakwah Salaf.

Belakangan ana dapatkan potongan video dialog antara Idrus Ramli dan UAS -semoga Allah memberi petunjuk pada keduanya- yang isi potongan dialog tersebut menunjukkan betapa buruk dan tajam serta jeleknya pemahaman mereka atas dakwah sunnah, dakwah Salafiyyah yang salah satunya terus diperjuangkan oleh Imam Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Ana lihat bukan hanya sekali ini Idrus Ramli hadahullah melontarkan kalimat beracun dan fitnah besar pada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dan dakwah beliau dan secara umum celaan dan kebencian Idrus Ramli pada dakwah Salaf dan para pengikutnya.

Di sini ana akan kutipkan ringkasan perkataan dia dalam dialog tersebut yang ana insya Allah akan tanggapi secara serial:

- Wahabi lebih radikal dari Taimi.
- Taimi setelah meninggal pemikirannya mati.
- Dihidupkan lagi oleh pendiri Wahabi ini. Dan nama ini juga dipakai oleh mereka.
- Ulama Wahabi menyebut bahwa Wahabi ini anugerah dari Allah, anugerah dan hadiah yang luhur. Namun, sekarang pengikutnya malu dengan nama Wahabi.
- Pake Salafi, padahal dulunya bangga dengan nama Wahabi.
- Wahabi itu tidak ada yang lurus, bengkok-bengkoklah, jalan terjal, jalan bengkok
- Sudah gaduh di Saudi, mudah-mudahan segera bertaubat.

Dan mungkin nanti akan ana tambahkan lagi perkataan Idrus Ramli yang menunjukkan kerusakan aqidah dan banyaknya kedustaan dia, Insya Allah.

Tanggapan Atas Perkataan Idrus Ramli

Pertama, tanggapan atas peremehan Idrus Ramli (IR) pada Ibnu Taimiyyah rahimahullah dengan menyebutnya Taimi.

Sebelumnya perlu ana jelaskan bahwa yang dimaksud dengan Taimi yang dikatakan oleh IR tersebut adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah. Perkataan Taimi itu menunjukkan IR meremehkan seorang imam besar Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang telah diakui ilmu maupun ketakwaannya oleh Ulama dari masa ke masa, bahkan diakui pula oleh Ulama Besar dari kalangan Madzhab Syafi'i.

Ana akan sengaja mengawali mengkonter mulut kotor Idrul Ramli, sang peleceh Ulama Besar Ahlus Sunnah Ibnu Taimiyyah rahimahullah dengan perkataan Ulama Besar dari Madzhab Syafi'i sendiri, yakni Taqiyuddin As-Subki rahimahullah 763 H.

Sebelumnya ana jelaskan bahwa Taqiyuddin As-Subki rahimahullah beiau sebenarnya banyak berseberangan pemikirannya dengan Ibnu Taimiyyah rahimahullah. Beliau kadang melontarkan perkataan kurang baik pada Ibnu Taimiyyah rahimahullah. Akibatnya beliau pernah ditegur lewat sebuah surat peringatan dari Imam Adz-Dzahabi rahimahullah dan ini terekam dalam Kitab Ad-Durorul Kaaminah fii A'yanil Mi'atits Tsaminah I:51-52.

Kendati demikian, saat beliau -yakni Taqiyuddin As-Subki rahimahullah- mendengar ada orang yang berbicara negatif dengan menampakkan kebencian pada Ibnu Taimiyyah rahimahullah, Taqiyuddin As-Subki rahimahullah menjawabnya dengan berkata:

والله يا فلان، ما يُبغض ابن تيميَّة إلا جاهلٌ أو صاحب هوًى، فالجاهل لا يدري ما يقول، وصاحب الهوى يصدُّه هواه عن الحقِّ بعد معرفته به

"Demi Allah wahai Fulan, tidak ada yang membenci Ibnu Taimiyyah rahimahullah, kecuali seorang yang jahil atau pengikut hawa nafsu. Orang yang jahil tidak mengerti apa yang ia ucapkan, sementara pengikut hawa nafsu dia berpaling dari kebenaran setelah ia telah mengetahui kebenaran itu". (As-Syahadah Az-Zakiyyah fii Tsanaa'il A'immah Alaa Ibni Taimiyyah, karya Mar'i bin Yusuf Al-Hanbali hal.58)

Maaf hai Idrus Ramli, ana kira ucapan Imam As-Subki rahimahullah ini juga pantas ditujukan padamu. Anda ini hai Idrus Ramli, sebenarnya memang tidak tahu/jahil tentang Ibnu Taimiyyah rahimahullah maupun Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah, tapi lalu berlagak sok tahu atau anda menang pengikut hawa nafsu ? Dimanapun posisimu diantara dua posisi tersebut, maka buruk segala keadaanmu jika demikian.

Taqiyuddin As-Subki rahimahullah berbeda dengan orang Tajuddin As-Subki, walau satu keluarga. Tajuddin As-Subki adalah anak dari Taqiyuddin As-Subki rahimahullah. Hanya saja sang anak, yakni Tajuddin As-Subki dikenal lebih pedas mulutnya melontarkan tuduhan buruk pada Ibnu Taimiyyah rahimahullah, sampai disebut oleh Al-Kirmani rahimahullah Tajuddin As-Subki ini sebagai kurang Adab, tidak insyaf dan bodoh dengan Ahli Sunnah serta kedudukan mereka. Dan bagi yang ingin lebih jelas dengan hal ini -terutama terkait kurang adabnya’m Tajuddin As-Subki pada Ibnu Taimiyyah rahimahullah, silahkan merujuk pada salah satunya dengan mengkaji Kitab Al I'laan At-Taubiih karya As-Sakhiwi rahimahullah.

Pujian Ulama Besar Madzhab Syafi’i Pada Ibnu Taimiyyah

Sengaja, sementara ana akan sebutkan pujian dari Ulama Madzhab Syafi'i yang ternama saja, sebab bisa jadi model orang semisal Idrus Ramli sulit menerima perkataan Ulama Madzhab lainnya, apalagi dari Madzhab Hanbali.

Siapa yang tidak mengenal nama Ibnu Hajar Al-Ashqalani As-Syafi'i rahimahullah. Beliau adalah salah satu Ulama terbesar dari Madzhab Syafi'i, pensyarah Kitab Shahih Bukhari yang berjudul Fathul Baari, ahli hadits dan fiqih terkenal yang amat legendaris dan diakui keilmuwanannnya oleh Ulama dari semua Madzhab.

Penilaian Ibnu Hajar Pada Ibnu Taimiyyah

Beliau menyebut Ibnu Taimiyyah rahimahullah sebagai:
 
العلاّمة

"Orang yang sangat berilmu". (Fathul Baari VI:289)

Dan dalam kesempatan lain beliau menggelari Ibnu Taimiyyah rahimahullah sebagai:

الحافظ إبن تيمية

"Sang penghafal Hadis Ibnu Taimiyyah rahimahullah". (Talkhisul Habir III:109)

Dan bahkan beliau dalam kesempatan lain berkata tentang Ibnu Taimiyyah rahimahullah:

فإنه شيخ في الإسلام بلا ريب

"Beliau adalah Syaikhul Islam tanpa diragukan lagi". (Sumber akan ana sebut di bawah, Insya Allah)

Kini senjata makan tuan bagimu hai Idrus Ramli. Yang menggelari Ibnu Taimiyyah rahimahullah dengan berbagai gelar kehormatan di atas itu adalah Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Ashqalani As-Syafi'i rahimahullah, pembesar hadits dan fiqh dari Madzhab Syafi'i itu sendiri.

Apaka engkau -Idrus Ramli- menganggap Al-Hafizh ini jahil ?! Allahul Musta’an. Lantas Anda gelarnya apa dan siapa yang menggelarimu ?! Berkacalah, belajarlah memiliki rasa malu. Maka, tidak pantas mulutmu menyebut Ulama Besar Ibnu Taimiyyah rohimahullah sebagai Taimi yang bermakna pelecehan dan peremahan.

Jangan nanti kau berdalih Taii maksudnya pengikut Ibnu Tiamiyyah. Tidak usah kau berdalih. Karena engkau memang dikenal selama ini sebagai pembenci imam yang agung tersebut.

Kedua, Idrus Ramli mengatakan Taimi setelah meninggal pemikirannya mati.

Ana awali dengan jawaban, bahkan ana khawatir pemikiranmu mati saat kau bahkan masih hidup, karena pemikiranmu didirijan atas keburukan Aqidah, Manhaj dan paling parah kedustaan dan fitnah. Belum pernah ana melihat orang sejahil engkau wahai Idrus Ramli -semoga Allah menunjukimu-.

Bagaimana engkau akan katakan demikian pada Ibnu Taimiyyah, padahal Ibnu Hajar rahimahullah yang apabila ilmunya dibandingan dengan engkau, sekukunya juga tidak ada, pernah berkata tentang Ibnu Taimiyyah rahimahullah sebagai berikut:

وشهرة إمامة الشيخ تقي الدين أشهر من الشمس ، وتلقيبه بـ "شيخ الإسلام" في عصره باق إلى الآن على الألسنة الزكية ، ويستمر غداً كما كان بالأمس ، ولا ينكر ذلك إلا من جهل مقداره ، أو تجنب الإنصاف

"Kemasyhuran keimaman Asy-Syaikh Taqiyuddin (Ibnu Taimiyyah rahimahullah) lebih terang dari sinar matahari. Para Ulama di zamannya telah memberikan gelar Syaikhul Islam pada beliau hingga kini. Lebih dari itu, gelar Syaikhul Islam akan terus berkibar pada diri beliau sampai hari esok, seperti hari kemarin. Dan tidak ada yang mengingkari hal itu kecuali orang yang bodoh, tidak tahu kedudukan beliau. Dan jauh dari sifat objektif". (Perkataan di atas selesai ditulis oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah dihari Jum’at, 9 Rabi’ul Awwal 835 H, dengan penukilan oleh murid senior beliau Al-Hafizh As-Sakhowi rahimahullah dalam Kitab Al-Jawahir wad Duror 2/734-736, lihatlah
https://islamqa.info/ar/answers/96323/)

Ana ingin bertanya, apakah kesaksian Ibnu Hajar rahimahullah sang pembesar dan pendekar hadits dan fiqh dari kalangan Madzhab Syafi'i atas keagungan dan keilmuan Ibnu Taimiyyah rahimahullah di atas akan engkau anggap apa, sebagai kesaksian dusta atau bagaimana ?

Jawabannya ada dua kemungkinan, Al-Hafizh yang pendusta atau Anda sendiri yang menjadi pendusta besar.
 
Bagaimana kami akan mempercayai anak kecil semisalmu dan meninggalkan kesaksian orang yang mulia sekelas Al-Hafizh rahimahullah. Malulah pada dirimu sendiri. Sungguh kelakuanmu meremehkan -bahkan sering menistakan- Ulama Besar sekelas semisal Ibnu Taimiyyah dan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahumullah, ini sangat buruk dan jeleknya adab.

Apakah engkau -Idrus Ramli tidak tahu pula sanjungan setinggi para Ulama Syafi'iyyah atas Ibnu Taimiyyah rahimahullah selain yang ana kutipkan di atas ? Betapa para Ulama Syafi'iyyah amat mengakui dan menghormati kedudukan agung dan ilmu Ibnu Taimiyyah rahimahullah, tidak seperti Anda.

Bahkan sekali lagi Taqiyuddin As-Subki rahimahullah -juga pembesar dari kalangan Madzhab Syafi’i-, setelah beliau ditegur oleh Imam Adz-Dzahabi rahimahullah akibat beliau dinilai oleh Imam Adz-Dzahabi rahimahullah kadang kurang santun terhadap kebesaran Imam Ibnu Taimiyyah rahimahullah -sebagaimana ana telah sebutkan ceritanya di atas-, maka justru Imam As-Subki merespon teguran Imam Ad-Dzahabi rahimahullah tentang sosok Ibnu Taimyyah rahimahullah sebagai berikut:

أمَّا قول سيِّدي في الشيخ فالمملوك يتحقَّق كبر قدره (يعني: شيخ الإسلام ابن تيمية)، وزخارة بحره، وتوسُّعه في العلوم الشرعية والعقلية، وفرط ذكائه واجتهاده، وبلوغه في كل من ذلك المبلغ الذي يتجاوز الوصفَ، والمملوك يقول دائمًا: وقدره في نفسي أكبرُ من ذلك وأجلُّ، مع ما جمعه الله له من الزهادة والورع والديانة، ونصرة الحق، والقيام فيه لا لغرضٍ سواه، وجريه على سنن السلف، وأخذه من ذلك بالمأخذ الأوفى، وغرابة مثله في هذا الزمان، بل من أزمان

"Adapun terhadap pendapat tuanku Asy-Syaikh Taqiyyuddin (Ibnu Taimiyyah rahimahullah) maka aku (As-Subki) mengakui kebesaran beliau, dalamnya lautan (ilmu) beliau, luasnya penguasaan beliau atas ilmu syariat dalil Aqliyyah, keceedasan otak beliau, ijtihad beliau. Dan sampai-sampai pada puncaknya ilmu beliau dalam seluruh perkara yang terasa sulit untuk digambarkan. Aku ini berpendapat demikian selama-lamanya.

Dan kedudukan beliau dalam pandangan diriku adalah jauh lebih besar lagi dari itu dengan disertai sifat-sifat yang Allah kumpulkan pada diri beliau yang berupa kezuhudan, wara, teguhnya berpegang pada dien, membela dan menegakkan al-haq, tiada tujuan kecuali al haq dan konsistennya beliau berjalan di atas jalan yang ditempuh Salaf, serta selalu petunjuk Salaf. Dan amat langka orang yang semisal beliau di zaman ini, bahkan di segala zaman". (Ad-Durorul Kaminah fii A'yanil Mi'atits Tsaminah 1/51-52)

Maaf Idrus Ramli, setelah ini semua, maka dimana posisimu dibanding dengan orang yang kau sebut Taimi itu.

Maaf, dari apa sebenarnya wajahmu tercipta ?! Tidakkah kamu memiliki sedikit rasa malu, dimana orang semisalmu memandang remeh Ibnu Taimiyyah rahimahullah ?!

Maaf, berapa kitab yang telah kau susun ? Tidak pernahkan kau membaca, mungkin mendekati ratusan jilid Kitab Ibnu Taimiyyah rahimahullah ? Lalu apakah kamu yang mungkin baru menyusun sekedar selembar atau dua lembar tulisan sudah lancang kepada Ulama sekelas Ibnu Tainiyyah rahimahullah.

Ada baiknya sebagai penutup masalah ini ana kutipkan pepatah Arab yang bagus untuk kau renungkan hai Idrus Ramli -semoga Allah menunjukimu-: 

يَا نَاطِحَ الْجَبَلِ الْعَالِيْ لِيَكْلِمَهُ
أَشْفِقْ عَلَى الرَّأْسِ لاَ تُشْفِقْ عَلَى الْجَبَلِ

"Hai orang yang akan menabrak gunung tinggi untuk menghancurkannya, kasihanilah kepalamu, jangan kasihan pada gunungnya".

Insya Allah bersambung bagian ke-2.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_____
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

1 komentar untuk "Bantahan Syubhat Atas Pernyataan Idrus Ramli (Bagian 1)"

  1. IR, blum Ad ilmu sdh gelar kiyai,, sdh berapa manusia yg di sesat kn nya

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak