Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Berdzikir Menggunakan Tasbih

 



Pertanyaan:

بــسم اللّٰـه 
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Apa hukumnya berdzikir menggunakan biji tasbih atau alat lainnya, apakah bid'ah ? Kalo bid'ah apa alasannya, apakah hanya sebagai sarana saja supaya memudahkan menghitung jumlah dzikir ?

(Dari Hamba Allah Group MS-I 15)

Jawab:

بــسم اللّٰـه 
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bila yang di maksud adalah alat dzikir, maka tidak ada istilah tasbih. Karena tasbih adalah dzikir itu sendiri, yakni kalimat Subhanallah (سبحان الله) dan bukan sebagai alat hitung, sedangkan alat hitung dalam bahasa Arab disebut su'bah.

Su'bah adalah dari budaya kafir, baik Budha, Kristen yang di sebut rosario dan tidak di kenal kaum muslimin. Hal ini juga telah di bahas panjang lebar oleh Syaikh Bakr Abu Zaid hukum seputar Su'bah/tasbih.

Cukup teladan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bagi orang yang mencintai Sunnahnya. Beliau berdzikir dengan tangan beliau, yakni menggunakan jari-jarinya untuk berdzikir.

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhu berkata:

رَأَيْتُ النَّبِيَّ يَعْقِدُ التَّسْبِيْحَ بِيَمِيْنِهِ

"Saya melihat Rasulullah bertasbih dengan (jari-jari) tangan kanannya". [HR. Abu Dawud 2/81, Tirmidzi 5/521, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahihul Jami 4/271, no. 4865]

Dari hadits Hani bin Utsman, dari Yusairah seorang wanita Muhajirah berkata:

قَالَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُنَّ بِالتَّسْبِيحِ وَالتَّهْلِيلِ وَالتَّقْدِيسِ وَاعْقِدْنَ بِالْأَنَامِلِ فَإِنَّهُنَّ مَسْئُولَاتٌ مُسْتَنْطَقَاتٌ وَلَا تَغْفُلْنَ فَتَنْسَيْنَ الرَّحْمَة

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada kami: "Hendaknya kalian bertasbih, bertahlil, dan menyucikan nama Allah, dan hitunglah dengan ujung jari-jemari kalian karena itu semua akan ditanya dan diajak bicara (pada hari kiamat), janganlah kalian lalai yang membuat kalian lupa dengan rahmat Allah". [HR. Abu Daud no.1501, Tirmidzi no.3583, dishahihkan Adz-Dzahabi. Sanad hadits ini dikatakan hasan oleh Al-Hafizh Abu Thohir]

والله تعالى أعلمُ بالـصـواب

Dijawab Oleh Ustadz Abu Abdurrahman Al-Atsary hafidzhahullah

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/62895383230460

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Hukum Berdzikir Menggunakan Tasbih"