Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Berhutang, Kecuali Bisa Melunasinya

 



Oleh Ustad Abu Abd rahman bin Muhammad Suud Al-Atsary hafidzhahullah

Konsekuensi hubungan antara manusia adalah adanya saling membutuhkan. Diantara hal yang biasa terjadi diantara manusia adalah adanya hutang.

Secara hukum hutang boleh dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sendiri memiliki hutang dan wafat sementara baju zirahnya shallallahu 'alaihi wa sallam, di tangan Yahudi sebagai jaminan hutang beliau. Beliau menghasung ummatnya untuk sebisa mungkin tidak berhutang bila tidak ada udzur yang sangat.

Di riwayatkan dari Tsauban Maula (bekas budak) Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

من فارق الروح الحسد و هو بريء من ثلاث دخل الجنة: من الكبر و الغلول و الدين

"Barangsiapa yang ruhnya terlepas dari jasadnya (mati) dan ia telah lepas dari tiga hal, maka ia masuk Surga. Tiga hal itu adalah terlepas dari kesombongan, terlepas dari khianat (terhadap amanah) dan terlepas dari jeratan hutang". [Shahih Ibnu Majah no.1956 dan Tirmidzi no.1621]

Semoga Allah memberikan keberkahan dan kemudahan kepada kita semua untuk terlepas dari jeratan hutang, khianat terhadap amanah dan kesombongan.

Di hadits lainnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengibaratkan hutang sebagai jeratan. Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

نفس المؤمن معلقة بدينه حتى يقضى عنه

"Jiwa seorang muslim bergantung dengan hutangnya, sampai dia melunasinya". [HR. Tirmidzi no.1084. Lihat Al-Misykah 2915]

Di sebutkan dari Abdullah bin Umar bin Khattab radhiallahu 'anhum, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

من مات و عليه دينار أو درهم قضي من حسناته

"Barangsiapa meninggal dan ia punya sangkutan dinar atau dirham (hutang), maka di bayarlah hutang itu dengan kebaikannya". [HR. Ibnu Majah no.1958]

Ya Allah, mudahkan urusan kami, luaskan rezeki kami dan hapus hutang orang-orang yang memiliki tanggungan.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Jangan Berhutang, Kecuali Bisa Melunasinya"