Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dukun Adalah Pendusta

 



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

هَلْ اُنَبِّئُكُمْ عَلٰى مَنْ تَنَزَّلُ الشَّيٰـطِيْنُ ۗ  تَنَزَّلُ عَلٰى كُلِّ اَفَّا كٍ اَثِيْمٍ ۙ  يُّلْقُوْنَ السَّمْعَ وَاَ كْثَرُهُمْ كٰذِبُوْنَ ۗ 

"Maukah Aku beritakan kepadamu, kepada siapa setan-setan itu turun ?. Mereka (setan) turun kepada setiap pendusta yang banyak berdosa. Mereka menyampaikan hasil pendengaran mereka, sedangkan kebanyakan mereka orang-orang pendusta". (QS. Asy-Syu'ara': 221-223)

Ibnu Katsir rahimahullah saat menjelaskan maksud tiap pendusta lagi banyak dosa pada ayat diatas, maka beliau mengatakan:

فهذا هو الذي تنزل عليه الشياطين كالكهان وما جرى مجراهم من الكذبة الفسقة ، فإن الشياطين أيضا كذبة فسقة

"Yaitu, para dukun dan orang yang semisal dengan mereka tukang dusta lagi pendurhaka. Mereka sealiran dengan setan, karena setan juga tukang dusta lagi pendurhaka". (Tafsir Ibni Katsir X:383)

Apa yang dikatakan Ibnu Katsir rahimahullah diatas juga hampir sama dengan yang dikatakan oleh semua Ulama lainnya saat menafsirkan ayat di atas. Dimana memang setan sering mencuri informasi dari langit yang kemudian dihadapkan kepada para dukun yang telah dicampur dengan seratus kedustaaan, sebagaimana yang diterangkan hadits berikut:

عَنْ عُرْوَةَ يَقُولُ قَالَتْ عَائِشَةُ سَأَلَ أُنَاسٌ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْكُهَّانِ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسُوا بِشَيْءٍ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ فَإِنَّهُمْ يُحَدِّثُونَ أَحْيَانًا الشَّيْءَ يَكُونُ حَقًّا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تِلْكَ الْكَلِمَةُ مِنْ الْجِنِّ يَخْطَفُهَا الْجِنِّيُّ فَيَقُرُّهَا فِي أُذُنِ وَلِيِّهِ قَرَّ الدَّجَاجَةِ فَيَخْلِطُونَ فِيهَا أَكْثَرَ مِنْ مِائَةِ كَذْبَةٍ 

Dari Urwah, dia mengatakan, Aisyah radhiallahu 'anha berkata: "Orang-orang bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang para kahin, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada mereka: "Mereka tidak benar". Para Shahabat mengatakan: "Wahai Rasulullah, sesungguhnya para kahin itu terkadang menceritakan sesuatu yang menjadi kenyataan". Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Itu adalah satu kalimat dari jin, kemudian mencuri kalimat itu lalu membisikkannya pada telinga walinya seperti berkoteknya ayam. Kemudian para kahin itu mencampur pada kalimat itu lebih dari seratus kedustaan". [HSR. Muslim no.2228]

Karena itu tidak heran jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengancam kepada ummatnya yang sekedar bertanya kepada dukun tentang perkara ghaib, walau misal ia tidak mempercayai dukun tersebut dengan bersabda:

مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

"Barangsiapa mendatangi peramal atau dukun, lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari". [HR. Muslim no.2230]

Bahkan jika ia sampai mempercayai perkataan dukun tersebut, hukumnya bisa kafir, sebagaimana sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam:

مَنْ أَتَى كَاهِناً أَوْ عَرَّافاً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

"Barangsiapa yang mendatangi peramal atau dukun, lalu ia membenarkannya, maka ia berarti telah kufur pada Al-Quran yang telah diturunkan pada Muhammad"._ [HR. Turmudzi no.135, Abu Dawud no.3904. Kata Al Albani rahimahullah dalam Shahihul Jaami’ 5939, shahih]

Jika demikian, bagaiman kalian sampai menyelenggarakan event besar-besaran dan bahkan bombastis kalian tulis sebagai seminar internasional dukun dan perdamaian dunia ?! 

Andai kalian adalah para durjana yang terang-terangan fasik, maka tidak aneh jika kalian mendukung hal semacam ini. Tapi saat kalian memposisikan seakan bgian dari Ulama, maka sungguh kalian lebih berbahaya dibanding para dukun asli tersebut sekalipun.

Ana yakin, mereka yang mengadakan seminar semacam itu nanti akan bermain syubhat dengan pengistilahan dukun tersebut yang ujungnya meringankan hukum perdukunan atau pada ujungnya akan melegalkannya. Na’uudzu billaahi min dzaalik. Allahul musta’aan.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Dukun Adalah Pendusta"