Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Waktu Membayar Fidyah ?

 



Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Membayar fidyah bisa dengan tiga pilihan waktu sebagai berikut:

1) Hari itu tidak puasa, lalu hari itu juga ia bayar fidyahnya.

2) Akumulasi.

Misal akumulasi sepekan sekali ia bayarakan fidyahnya baik dengan cara mengundang fakir miskin untuk makan dirumahnya sejumlah 7 orang, atau ia berikan fidyah itu pada 7 orang yang berbeda maupun pada satu orang miskin yang sama, yang penting sesuai dengan akumulasi jumlah hari ia tidak berpuasa.

3) Dibayar setelah Ramadhan berakhir dengan jumlah hari tidak berpuasa.

Ini karena Al-Quran dan As-Sunnah hanya memerintahkan wajibnya membayar fidyah bagi pihak-pihak tersebut, tetapi Al-Quran dan As-Sunnah tidak mengatur spesifik kemestian kapan fidyah harus dibayarkan. 

Maka, hal ini diserahkan kepada pihak yang berfidyah, kapan yang mudah baginya untuk membayarkan fidyahnya. Tentu saja sebagaimana dalam hal ibadah lainnya menyegerakan berfidyah di kala ada kelapangan tetap lebih utama, karena menyegarakan melakukan kebaikan itu memang sangat diutamakan.

Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu saat usia tuanya dan tidak sanggup lagi berpuasa, maka beliau membayarkan fidyahnya di akhir Ramadhan, sebagaimana tertera dalam riwayat berikut:

أنه أفطرَ رمضانَ عند كِبَره، فأطعم ثلاثين مسكينًا في آخرِ يومٍ

"Sesungguhnya Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu tidak berpuasa Ramadhan saat telah memasuki usia tua, maka beliau (mengundang 30 orang miskin ke rumahnya) dan memberikan makanan kepada 30 orang miskin di akhir Ramadhan". [HR. Abu Ya’la 4194 dan lain-lain. Dalam sanadnya ada keterputusan, tetapi hadits ini memiliki jalur lain yang keseluruhannya menunjukan atsar ini adalah atsar yang shahih. (Tafsir Ibni Katsir II:1768-1769)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Kapan Waktu Membayar Fidyah ?"