Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasihat Untuk Wanita Bercadar






Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

Aku ingatkan, bercadar tak diragukan lagi sangat ditekankan oleh syari'at, terlepas dari wajib ataukah hanya sunnah.

Bagi yang telah bercadar, bersyukurlah dan terus memohon kepada Allah agar terus diberikan hidayah agar istiqomah.

Namun aku ingatkan kepada ummahat yang telah bercadar, jangan muncul dalam hatimu bahwa engkau yang telah bercadar lebih baik segala-galanya dibandingkan dengan akhawat yang belum bercadar. Demi Allah, tidak boleh terselip perasaan ujub semacam itu saudariku, tidak boleh!

Aku peringatkan kalian dengan hadits berikut:

وليأتين على الناس زمان يتعلمون فيه القرآن، يتعلمونه ويقرأونه، ثم يقولون قد قرأنا وعلمنا، فمن ذا الذى هو خير منا ؟ فهل فى أولئك من خير ". قالوا يا رسول الله، من أولئك ؟ .. قال أولئك منكم، وألئك هم وقود النار

"Benar-benar akan datang kepada manusia suatu zaman, mereka mempelajari Al-Quran dan menghafalnya. Kemudian mereka berkata: "Kita telah menghafal dan memahaminya, maka adakah orang yang lebih baik daripada kami? Nabi shallallahu 'alahi wa sallam bersabda: "Apakah (dalam pandangan kalian) mereka ada kebaikannya?. Para Shahabat radhiallahu 'anhum berkata: "Siapakah mereka Ya Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- ?". Beliau bersabda: "Mereka itu termasuk dari kalian (ummat islam). (tetapi) mereka itu adalah bahan bakar api neraka". [HR Thabrani no.13019. Kata Syaikh Al Albani dalam Shahih At-Targhib 136, hasan karena adanya jalur pendukungnya]

Hafal membaca 30 juz ayat Quran bukan hal mudah, namun ketika ia hafal justru menjadikannya ujub, maka hafalnya dia akan ayat Quran menjadi sebab dia dilemparkan dalam neraka.

Perhatikan saudariku, itu ancaman bahkan untuk yang telah hafal Quran 30 Juz, maka apalagi kita yang masih belum mencapai hafalan hatta Juz' Amma sekalipun, lalu karena Anda telah bercadar muncul rasa ujub.

• Tetaplah bersikap lemah lembut terhadap akhawat lain yang belum mengenakan cadar.
• Jangan kalian ekslusif hanya berteman dengan yang telah bercadar saja.
• Jangan meremehkan atau kau anggap sebelah mata saudarimu yang belum bercadar.
• Tetap lembutlah kepada mereka dan ajaklah mereka dengan cara yang santun dan halus untuk bercadar, dilandasi semangat ukhuwah.
• Sapalah mereka dengan baik, tebarkan salam kepada mereka dengan setulus mungkin. Mereka adalah saudara-saudara kita yang mungkin masih dalam proses menuju hijrah yang lebih sempurna.
• Dan jagalah diri dari laki-laki non mahram, tidak bermudah-mudahan dengannya tanpa adanya kebutuhan syar'i.

Semoga nasihatku ini bisa melembutkan hati kita semua.

NB: Hal ini berlaku pula buat para ikhwan yang melihat sebagian saudaranya masih isbal atau sejenisnya.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6289665842579

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Nasihat Untuk Wanita Bercadar"